Bisnis Camilan Itu Menjanjikan Untung Besar, 5 Resep Makanan Ini Bisa Kamu Pilih Jadi Produk Andalan

Kamu ingin mendapatkan uang tambahan?

Tak hanya mengandalkan kiriman orangtua atau gaji bulanan saja, pundi-pundi uang bulanan bisa bertambah dengan cara berwirausahaa atau berbisnis. Dengan modal kecil, kamu bisa memulai bisnis camilan atau makanan ringan.

Bisnis ini cukup menggiurkan dan menawarkan untung besar. Pasalnya, meski nominalnya tak besar, putaran uang dalam bisnis cenderung cepat. Namun ada syaratnya, pastikan masakanmu enak dan menarik untuk dipandang. Nah, jika kamu berniat memulai bisnis ini sembari kuliah atau bekerja, 6 resep makanan ini bisa jadi inspirasi menarik untuk barang dagangan.

 

 

1. Martabak bolu mini bukan hanya bikin perut terisi, para konsumen juga jadi tertarik untuk melirik.

Resep martabak mini untuk jualan

Martabak adalah salah satu makanan yang sudah punya banyak penggemar. Nah, ini bisa menjadi kesempatan buatmu untuk membuatnya jadi barang dagangan. Jika banyak pedagang bikin martabak berukuran besar yang dipotong-potong menjadi beberapa bagian. Buatlah inovasi dengan martabak mini yang justru bisa menjadi daya tarik para pecinta martabak.

Bahan yang dibutuhkan adalah :

  • 250 gr tepung terigu
  • 50 gr gula pasir
  • 1/4 sdt baking powder
  • 1/4 sdt garam
  • 300 cc susu cair
  • 3 butir telur
  • 30 gr gula
  • 1/2 sdt ragi instan
  • 50 gr mentega dicairkan

Bahan untuk topping :

  • Butter
  • gula pasir
  • susu kental manis
  • keju parut
  • cokelat meises

Cara membuat :

  • Pertama-tama, masukkan terigu, gula, baking powder, dan garam dalam satu wadah. Sembari diaduk dengan mixer,  tambahkan susu sedikit demi sedikit.
  • Jika adonan sudah rata, masukkan ragi instan lalu diamkan selama 30 menit.
  • Sembari menunggu adonan mengembang, kocoklah telur dan gula menggunakan sendok. Kemudian masukkan telur ini dalam adonan beserta mentega dan baking powder.
  • Setelah itu, panaskan cetakan dan masukkan adonan sesuai cetakan.
  • Jika sudah mengembang dan terbentuk pori diatasnya, kamu taburi gula pasri sesuai selera. Lalu tutup dan biarkan hingga matang.
  • Kemudian lepaskan martabak dari cetakan. Lalu olesi dengan butter dan tambahan bahan topping diatasnya.
  • Jadi deh.

Cara membuatnya mudah ‘kan? Jika ingin martabak mini ini terlihat lebih cantik, kamu bisa membuat variasi topping dari kismis atau buah-buahan segar. Lalu jangan lupa gunakan kemasan yang menarik seperti kertas atau mika. Makanan secantik ini, pasti banyak orang yang tak segan mampir ke kedaimu.

Resep ini terinspirasi dari sini.

 

 

2. Dengan bermodal minim, produk bisnis Koi Fish Jelly sudah bisa kamu bikin. Orang-orang pasti penasaran dengan bentuknya yang unik.

Resep agar agar koi yang enak untuk jualan

Siapa bilang agar-agar atau jelly itu membosankan. Gak jarang orang-orang memilih makanan ini sebagai pengganjal perut pada siang yang panas. Tak melulu di kemas dalam cup, menyajikan agar-agar dalam bentuk ikan koi justru lebih unik. Tanpa banyak modal dan bahan, makanan ini bisa kamu buat dengan langkah mudah.

Bahan yang dibutuhkan :

  • 12 gram agar-agar
  • 160 gram gula pasir
  • 2 lembar daun pandan
  • 700 ml air
  • Pewarna makanan, encerkan dalam air matang
  • Kismis

Cara membuatnya :

  • Pertama-tama, masukkan air, agar-agar dan gula ke dalam panci dan aduk hingga rata.
  • Lalu masukkan daun pandan sebagai pewangi tambahan.
  • Sembari menunggu mendidih, potong kismis dan taruh pada cetakan ikan sebagai mata.
  • Lalu masukkan beberapa tetes pewarna makanan sebagai hiasan.
  • Nah,  barulah masukkan adonan agar-agar.
  • Tunggu hingga dingin dan siap disajikan.

Selain bisa dibuat dengan langkah yang cukup singkat, modal yang kamu butuhkan juga tak banyak. Nah, jika kamu menjualnya pada sekolah atau lingkungan yang banyak anak kecil, gak mustahil koi fish jelly mu ini pasti bakal laris manis. Menarik ‘kan?

Resep ini terinspirasi dari sini.

 

 

3. Pengen nambah uang jajan tapi bingung mau jualan apa? Donatstick yang lezat dan gampang dibuat bisa jadi jalan keluarnya.

Resep donat stick untuk bisnis

Menambah uang bulanan itu ada banyak cara, selain kerja partime, kamu juga bisa memulai berbisnis kecil-kecilan. Salah satunya dengan jualan makanan. Nah, jika kamu ingin menjual makanan yang banyak disukai orang, donat bisa sebagai pilihan andalan. Selain cara membuatnya cukup mudah, peralatan masak yang dibutuhkan juga gak ribet.

Bahan yang kamu butuhkan :

  • 300 gr tepung terigu
  • 1/2 sdm ragi instan
  • 50 gr gula pasir
  • 20 gr susu bubuk
  • 1 butir telur
  • 100 ml air es
  • 30 gr margarin
  • 1 sdt garam
  • 20 buah tusuk sate

Bahan untuk isian :

  • 150 gr keju dipotong dadu

Cara membuat:

  • Pertama-tama kamu aduk rata tepung terigu, ragi instan, gula, dan susu bubuk dalam satu wadah.
  • Setelah itu masukkan telur dan air es sedikit demi sedikit sembari diaduk rata.
  • Lalu masukkan margarin dan garam. Dan diamkan selama 15 menit agar menggembang.
  • Setelah itu, bikin bulatan dan masukkan dadu keju ke dalamnya. Dan diamkan selama 30 menit.
  • Goreng hingga kecoklatan. Lalu rangkai 3-4 potong donat isi pada tusuk sate.
  • Agar lebih menarik, kamu bisa tambahkan lelehan coklat, ceres, atau trimit di atasnya.

Nah, dengan kemasan donat seperti ini, orang-orang pasti bakal lebih tertarik untuk membeli.

 

 

4. Popsicle buah adalah surga bagi dahaga dan teriknya panas. Saatnya kamu jual kesegarannya dalam aneka rasa.

Resep posicle buah untuk jualan

Siapa sih yang gak kehausan dan gerah saat matahari sedang terik-teriknya? Nah, hal ini bisa menjadi peluang bagi kamu yang ingin memulai bisnis kecil-kecilan. Tak hanya minuman segar, kamu bahkan bisa jualan popsicle buah yang segar dan dingin itu. Cara pembuatannya juga cukup mudah dan gak ribet kok.

Bahan yang dibutuhkan :

  • Buah -buahan segar
  • air
  • gula atau susu (tidak wajib)

Cara membuatnya :

  • Cuci bersih 2-3 buah yang akan kamu gunakan sebagai varian rasa (misalnya strawberi, mangga, dan anggur)
  • Potong salah satu buah dan haluskan dengan blender. Jangan lupa tambahkan air ya. Jika kamu suka rasa yang agak manis, tambahkan susu atau gula pasir. (Lakukan untuk 2 jenis buah lainnya)
  • Lalu masukkan jus pertama pada cetakan, cukup 1/3 bagian saja dan dinginkan hingga mengeras.
  • Kemudian tambahkan jus kedua pada lapisan atasnya 3/4 bagian dan masukkan freezer. Setelah itu masukkan jus ketiga hingga penuh. Dan tunggu hingga mengeras.

Hanya bermodal freezer dan blender, popsicle buah yang segar bisa kamu jadikan barang dagangan. Bidik pelanggan yang kehausan, misalnya di lapangan saat minggu pagi sehabis jogging atau dijual di kantin kampus. Jika kamu bisa memberikan varian rasa yang menarik, gak mustahil pundi-pundi uangmu bisa bertamah banyak. Kamu berminat mencoba?

Resep ini terinspirasi dari sini.

 

 

5. Jualan pisang tanpa olahan mungkin jarang orang yang melirik, tapi kalau dikemas jadi banana chocolate stick, orang-orang pasti tertarik.

Resep banana choco untuk bisnis

Pisang adalah buah pengganjal lapar yang cocok di konsumsi kapan saja. Namun, kalau dijual langsung dari tandan pisang dan tidak olah menjadi makanan yang enak, jarang orang yang akan meliriknya. Eits tenang, dengan langkah dan modal cekak, kamu bisa menyulap pisang jadi produk bisnis yang menjanjikan, yaitu banana chocholate stick.

Bahan yang dibutuhkan :

  • 3 Pisang ambon matang berukuran sedang
  • 150 gram coklat batang yang dilelehkan dengan 1 sdm mentega

Bahan untuk topping :

  • ceres, trimit, kacang, kismis atau almond.

Cara membuatnya :

  • Pertama-tama tusukkan potong pisang 10-14 cm pada stick eskrim.
  • Lalu celupkan pada lelehan coklat yang sudah kamu buat.
  • Tunggu sebentar, lalu gulingkan atau taburi pisang pada topping yang sudah kau sediakan.
  • Jadi deh!

Caranya simple banget ‘kan? Hanya bermodal pisang dan lelehan coklat, kamu bisa membuat jajanan yang menarik. Selain bergizi tinggi, banana chocolate stick juga bisa dijual dengan harga yang tidak terlalu tinggi.

Resep ini terinspirasi dari sini.

 

 

Menambah pundi-pundi uang itu ada sejuta cara, salah satunya adalah jualan camilan. Tanpa perlu bingung-bingung mau jualan apa, 6 resep ini bisa jadi pilihannya.

 

 

 

Artikel ini pernah saya publikasikan di Hipwee.

Advertisements

Jika Bersamanya Kamu Merasakan Hal Ini, Sudah Waktunya Kamu Berhenti Mencari yang Lain Lagi

Sebenarnya siapa sih jodohku? 

Gak sedikit dari kita yang sering mempertanyakan hal semacam ini pada diri sendiri. Mungkin kamu sudah menjalin hubungan dengan seseorang dalam waktu yang lama, tapi kadang kamu masih merasa ragu apakah dia memang orang yang tepat? Apakah dia adalah soulmatemu? Keraguan-keraguan ini gak jarang membuatmu kepikiran untuk mencari lagi dan lagi.

Hey, sebenarnya soulmate yang kamu cari itu ada tanda-tandanya kok. Nah, jika saat berasamanya kamu sudah merasakan hal ini, maka kamu tak perlu lagi lelah-lelah mencari yang lebih baik. Karena kemungkinan besar, dialah yang menjadi pasangan sejatimu hingga akhir nanti.

 

1. Kamu dan pasanganmu sama-sama merasa nyaman. Menghabiskan waktu bersama tetap terasa menyenangkan, meskipun kalian sedang tak punya bahan perbincangan.

Kamu tetap nyaman di didekatnya

Rasa nyaman adalah poin utama yang bakal kamu rasakan ketika sudah bertemu dengan pasangan yang tepat. Alih-alih harus selalu diisi dengan diskusi interaktif dan kegiatan yang sama, duduk berdua meski sedang sibuk dengan dunia masing-masing akan tetap membuatmu merasa betah berada di sampingnya. Mungkin kamu sedang mengerjakan tugas kuliahmu, lalu dia menemanimu sambil membaca manga favoritnya.

Walaupun tidak ada percakapan diantara kalian, kamu tetap merasa tenang. Karena bagi kalian bahagia itu sederhana. Keberadaan pasangan tetap membuatmu bahagia meski kalian berdua sedang tidak melakukan aktivitas yang sama.

 

2. Segala kekurangan dan sifat buruknya tak membuatmu memilih pergi. Kamu mau menerima segala kelebihan dan kekurangan yang dia miliki.

Kamu mencintainya

Kamu mungkin sudah mengenalnya sejak lama. Kamu tahu tentang baik buruknya. Kamu tahu bahwa dia memang bukanlah orang sempurna. Terkadang dia juga menjadi orang paling menyebalkan di dunia. Sesekali kamu juga merasa jengkel padanya.

Tapi semakin hari, kamu semakin sadar bahwa kamu tidak ingin kehilangan dia. Meski kamu sudah tahu baik buruknya, perasaanmu kepadanya jauh lebih besar dari perasaan yang pernah kamu rasakan sebelumnya. Bahkan pertengkaran dengannya bisa terasa tidak memberatkan lagi.

 

3. Saat bersamanya, kamu tak perlu berpura-pura. Dirimu bisa tampil apa adanya hingga memperlihatkan versi terburuk yang pernah kamu punya.

Kamu bisa menjadi diri sendiri

Mungkin saat di depan orang lain kamu bisa jaim atau sedikit menutupi aib diri sendiri. Berbeda saat kamu berhadapan dengan soulmatemu, kamu justru merasa nyaman menjadi dirimu sendiri. Kamu tidak perlu khawatir harus berdandan sebelum bertemu dia. Saat dia datang menghampirimu, kamu tidak harus memasang pose manis untuk menyambutnya. Kamu merasa bebas menunjukkan sifat-sifat anehmu.

Dirimu – dengan segala kekurangan dan kelebihan – yang kamu tunjukan apa adanya tak akan membuatnya meninggalkanmu. Karena bagaimanapun, pasangan sejati bukanlah dia yang mencintai kelebihanmu saja, tapi juga menerima kekuranganmu dengan tangan terbuka.

 

4. Dia jadi salah satu yang terpenting dalam hidupmu. Ketika punya rahasia besar atau informasi baru, dialah orang pertama yang ingin kamu beri tahu.

Dialah tempat berbagi rahasia

Mungkin kamu punya rahasia besar yang kamu simpan sendiri dalam hidupmu. Sampai-sampai kamu tak mau ada orang yang tahu. Namun, sekarang kamu justru bisa terbuka padanya. Kamu merasa percaya bahwa dia adalah tempat berbagi rahasia yang kamu nantikan. Karena dia akan mendengarkan dan tidak menilaimu macam-macam.

Selain itu, saat kamu ada informasi baru, dialah orang yang pertama kamu ingin beri tahu. Mungkin kamu lolos seleksi di perusahaan yang kamu inginkan, maka kamu ingin cepat pulang dan membagi kabar bahagia ini. Bersamanya, kamu tak perlu lagi menjaga rahasia sendirian. Karena membagi rahasia padanya justru membuatmu merasa makin nyaman disampingnya.

 

5. Rindu akan sering menyerang ketika kalian berjauhan. Tapi pikiran dan produktivitas kerjamu tak lantas jadi berantakan.

Kamu rindu dengan sehat

Rindu adalah hal yang lumrah terjadi saat kamu mencintai seseorang. Namun, rindu pada sosok pasangan sejiwa itu beda lho. Jika kangen pada gebetan membuatmu galau berkepanjangan, kangen pada pasangan sejati justru sebaliknya. Perasaan itu tidak membuat kinerjamu menurun dan membuatmu tersiksa. Selain itu, kamu juga masih bisa melakukan aktivitasmu seperti biasa dengan baik.

Nah, meski kamu sudah tidak sabar untuk bertemu dengannya, rindu yang kamu rasakan tetaplah dalam status yang sehat. Kamu tidak merasa tertekan dan merasa tak nyaman.

 

6. Kalian sudah saling memahami satu sama lainnya. Meski tanpa tanda atau banyak bicara, kamu bisa mengerti apa yang sedang dirasakannya.

Kamu paham tentangnya

Setiap orang selalu punya cara yang berbeda-beda dalam mengungkapkan perasaan, tak terkecuali pasangan sejatimu. Gak jarang dia akan melakukan “kebiasaan” aneh untuk meluapkan apa yang dia rasakan. Saat biasanya doyan makan, mungkin tiba-tiba dia malas untuk makan siang atau mungkin dia jadi sering tidur lebih cepat saat biasanya suka begadang. Nah, tanpa perlu menunggu dia bicara dan bercerita panjang lebar, maka kamu sudah tahu kalau dia sedang ada masalah.

Kamu hapal di luar kepala apa yang akan dia lakukan ketika sedang sedih, senang, bahagia, atau frustasi. Walau hanya dengan tanda dan tak banyak bicara, kamu sudah paham apa yang sebenarnya dia rasakan. Karena soulmate itu tak hanya punya cinta,chemistry juga akan kamu rasakan.

 

7. Pendampingan darinya menjadikanmu lebih berani. Kamu mampu menembus batas hingga menjajal hal-hal gila yang belum pernah diakrabi.

Dia membuat matamu terbuka

Menembus batas bukan berarti  kamu rela mati demi dia atau melewati aturan moral ya. Namun, kenyamanan bersama pasanganmu yang satu ini membuat kamu bisa melakukan hal yang belum pernah kamu lakukan ke orang lain sebelumnya.

Mungkin selama ini kamu selalu jadi orang super cuek yang tak peduli dengan orang lain, namun jatuh cinta padanya membuatmu bisa berubah menjadi orang yang penuh perhatian. Mungkin selama ini kamu tak pernah sekalipun meninggalkan jadwal futsal, tapi demi menemaninya makan kamu tak lagi keberatan untuk absen sebentar.

Selain itu, kamu juga menjadi lebih berani untuk mewujudkan mimpi-mimpi gilamu. Rasanya kamu punya “klik” yang membuatmu merasa nyaman hidup bersamanya.

 

8. Kamu mungkin pernah sekilas tergoda dengan orang lain. Namun pikiran dan hatimu tetap saja tak bisa berpaling.

Kamu tetap kembali padanya

Mungkin hubungan kalian sudah lama terjalin. Namun ada orang yang datang mencoba menyusup di antara kalian. Mungkin dia memang lebih menarik, lebih pintar, lebih baik, dan lebih kaya. Mungkin kamu sempat merasa tertarik. Tapi perlahan kamu menyadari bahwa hubungan yang sudah kamu miliki lebih berarti.

Pikiran dan hatimu akan kembali tertambat padanya. Hanya bersamanya kamu bisa merasakan perasaan sedalam ini. Dan hebatnya, kali ini kamu bisa mengontrol diri dari godaaan itu dan fokus untuk menjadikan hubungan kalian lebih baik.

 

9. Keluarga adalah bagian yang tak terpisahkan dari dirimu. Dia yang jadi soulmatemu juga akan merasa nyaman saat membaur dengan keluargamu.

Bisa nyambung sama keluarga besar

Mencintai seseorang tak jarang selalu paket dengan mencintai keluarganya. Mungkin kamu dan dia sudah terjalin sebuah hubungan, maka cobalah amati apakah dia bisa membaur dengan keluargamu. Mungkin sebatas dia bisa berkirim pesan singkat dengan ibumu atau nyambung saat berbincang dengan ayahmu. Kamu juga bisa amati seberapa besar usahanya untuk membaur dengan keluargamu.

Nah, pasangan sejati pasti paham bahwa hubungan kalian tak bisa kalau hanya menyandang status pacaran. Menikah dan bisa masuk dalam keluarga besar adalah salah satu bentuk cinta yang seharusnya setiap pasangan punya.

 

10. Salah satu diantara kalian tak ada yang merasa lebih banyak berkorban. Tak ada yang mencintai lebih dalam, karena kamu dan dia mencintai dengan sepadan.

Cinta kalian sama

Cinta yang sehat adalah cinta seimbang dan tak berat sebelah. Dalam sebuah hubungan dua orang, tidak ada yang merasa berkorban lebih banyak atau merasa berjuang lebih besar untuk mempertahankan hubungan.

Hubungan yang baik justru saat kalain bisa saling mencintai dalam kadar yang sama. Kamu dan dia sama-sama berjuang saling menjaga cinta yang ada. Kalian sama-sama ingin mempertahankan hubungan sampai ke pelaminan. Karena bagaimanapun, hubungan yang indah tidaklah dibangun oleh satu orang saja, tapi olah dua hati manusia.

 

Nah, sudah tahu ‘kan tanda-tanda seorang pasangan sejiwa. Jika saat bersamanya kamu sudah merasakan hal ini, maka kamu tak perlu lagi buang-buang waktu untuk mencari yang lain. Selain itu, kamu tak perlu lagi mencari yang lebih menarik, karena orang yang melengkapi hidupmu ini jauh lebih penting.

Semoga kita sama-sama segera menemukan jodoh kita yaa. Amin.

 

 

 

Artikel ini pernah dipublikasikan di Hipwee.

Manis (Serta Pahitnya) Hidup Saat Kamu Mencintai Dalam Diam & Lewat Doa

Mencintai seseorang adalah fitrah manusia. Pada suatu waktu, kamu pasti akan merasa tertarik dengan lawan jenis. Namun, rintangan cinta kadang menghadang, menguji hatimu yang tengah “sendirian” dan kesepian. Alih-alih bisa mengungkapkan perasaan pada orang yang dicintai dengan mudah, kadang kamu cuma bisa pasrah memandang dia dari kejauhan. Kamu hanya bisa mencintainya dalam diam dan mendoakannya tanpa ketahuan.

Lika-liku cinta semacam ini memang banyak menyisakan galau di hati. Namun, tanpa sadar hidupmu bisa lebih berwarna-warni. Nah, jika kamu paham hal ini, pasti cintamu masih ditutup rapat-rapat di hati.

 

1. Jatuh cinta padanya adalah hal yang gak kamu kira sebelumnya. Bahkan sekedar rencanapun tak ada. Awalnya kamu anggap dia biasa saja.

K

Mungkin dia kenalan baru, partner kerja, teman kampus, rekan di organisasi, tetangga rumah, atau malah teman lama. Awalnya, kamu menganggap dia biasa saja, sama kayak yang lainnya. Berlalu lalang di hidupmu bergitu saja.

 

2. Pada satu titik, lama kelamaan, entah kenapa kamu merasa dia berbeda dari yang lainnya. Pikiran mulai dibanjiri bayangannya dia. Yah, namanya juga cinta.

Kamu mulai memikirkannya

Lagi liat iklan di TV –> Ih, kok artis itu mirip Dian sih.

Lagi di lampu merah –> Eh itu yang pake motor punggungnya kayak Dian. Dian bukan sih?

Lagi nunggu dosen –> Emmm, Dian udah pulang belum ya?

Ini kenapa aku tiba-tiba suka mikirin dia? 

Entah kenapa banyak hal yang tiba-tiba mengingatkanmu padanya. Bahkan kamu berfikir dia berbeda dan unik dari orang lain.

Dia berbeda dari yang lainnya

 

3. Rasa penasaran tentang dia juga sering melanda. Tanpa sadar kamu jadi asyik cari tahu tentang dirinya. Mulai dari tempat nongkrong sampai kebiasaan-kebiasaan kecilnya.

Kamu sering cari tahu tentang dia

Demi meladeni rasa penasaranmu tentang dia, kamu akan cari tahu tentang dia selengkapnya. Entah langsung tanya padanya, tanya teman-teman terdekatnya, tanya mbah google, tanya tetangga rumahnya, atau ngintipin dia dari kejauhan.

Sebenarnya dia orang kayaknya gimana~

 

4. Bahkan semua hal tentangnya secepat kilat tersimpan di kepala. Kamu jadi orang yang paling tahu tentang dia.

Kamu jadi orang paling tahu dia

Secuil hasil intip sana intip sini dan pengamatan sehari-hari :

Nomor plat kendaraann? Hafal di luar kepala.

Tempat nongkrong sama teman-temannya? Tahu!

Kapan pulang ke kosan? Hafal!

Kapan dia nyatain cinta padamu? T___T

Sampe-sampe informasi tentang dia bisa dijadiin biografi tuh.

 

5. Hari rasanya belum lengkap dan hambar kalau belum lihat dia melintas. Ayoooo susul diaa~

Dia ada disana gak yaaa

Jam 7 udah ngampus, padahal jadwal kuliah jam 9.

Kamu : Aku berangkat dulu ya.

Teman : Eh, kesambet apa lo? Tumben jam 7 udah berangkat, bukannya kelas jam 9?

Kamu :  Emmmm ada deh

(Dalam hati, berangkat cepet-cepet biar bisa liat dan papasan sama doi).

Mbaaa, kok kamu cantik

 

6. Jika tiba-tiba dia gak ada di tempat biasa, kamu jadi panik seketika nyariin dia. Jangan jangan dia……

Abang kemana aja?

Udah berangkat pagi demi lihat doi, tapi tiba-tiba yang dicari malah gak ada. Kamu cuma bisa terpaku melihat kehampaan di depan mata.

Dia kemana ya? Kok udah jam 7 belum keliatan juga. Biasanya kan dia lewat sini? Apa dia sakit? Atau atau dia tahu kalau aku suka sama dia? Trus dia marah sama aku?

Kamu dimana? Aku harus cari kemana? Apa kamu baik-baik saja?

(Asumsi Hipwee : Mungkin dia lagi pergi sama yang lain, Mba)

 

7. Demi menarik perhatiannya, secara gak sadar, kadang kamu mulai menyukai apa yang dia sukai.

Kamu mulai menyukai apa yang dia suka

Mungkin kamu tahu kalau dia hobi naik gunung. Nah, demi mendapatkan tempat dan perhatiannya, kamu juga rela ikut nyemplung naik gunung. Harapannya sih kalau ketemu, obrolan kalian bisa lebih seru dan nyambung. Kira-kira begini :

Dia : Kamu ternyata suka naik gunung juga ya?

Kamu : Iyaaa, suka banget (Padahal baru 1 gunung yang didaki, itupun langsung masuk angin)

Dia : Wah, sama….. bla bla bla (ngobrol panjang)

Sampai ending yang kamu harapkan, 

Dia : Naik gunung bareng yuk.

(Tapi kenyataannya, kapan kamu diajakin ngobrolnya?)

 

8. Ketika ngobrol dari hati ke hati sama dia adalah hal yang langka,ngepoin dia lewat media sosial menjadi kenikmatan tersendiri.

Kepoin dia

Harapannya sih kamu bisa ngobrol akrab sama si dia :

Bisa ngobrol sama dia

Tapi kenyataanya ngobrol dari hati sama dia cuma dalam mimpi. Ya sudahlan, kamu cuma bisa liatin dia dari layar LCD :

Kamu cuma bisa liatin dia dari layar

 

9. Pelan-pelan ngepoin dia juga menjadi kebiasaan yang menyatu dalam hidupmu saban hari.

kepoin dua tiap hari

Checklist kegiatan harian :

  • Mau tidur : cek fb dia
  • Mau makan : cek twitter dia
  • Mau ngampus : cek path dia
  • Abis sholat : cek instagram dia

Kamu selalu ngepoin dia tiap buka mata.

 

10. Bagi kamu bahagia itu adalah hal sederhana. Bisa ketemu dia, girangnya gak ketulungan.

Kegirangan

Saat undangan rapat yang bisa bikin kalian saling bertatap mata datang, bahagianya gak ketulungan. Harapannya sih, kamu bisa ngobrol sama dia. Dah, itu aja.

Dibumbui sedikit harapan kalian bisa PDKT dan jadian.

 

11. Saking excited-nya ketemu dia, kamu juga sering bingung milih baju yang cocok dan pantas dikenakan. Pokoknya kamu harus tampil terbaik.

Pakai baju apa ya?

Duh, pakai baju yang mana ya? Kok jelek semua sih?

Pakai yang ini kelihatan tua, pakai ini jadi keliatan gendut, pakai ini terlihat kurus.

Semua isi lemari keluar untuk dijajal.

11. Demi tampil prima dan membuat dia terkesan. Gak jarang kamu menyiapkan percakapan yang cocok untuk dilontarkan. Latihan dulu kalau perlu~

Latihan ngomong dulu ah

Beberapa jam sebelum ketemu, kamu sudah mempersiapkan tema obrolan. Kalau perlu kamu juga bakal latihan dulu atau nyari lebih dalam di google.

Rasanya, melebihi mau persentrasi skripsi. Deg-degan!

 

12. Tapi kenyataan berkata lain. Perasaan cinta yang kamu pendam seringkali malah bikin salting saat ketemu si dia.

– Tiba-tiba pikiranmu ambyar dan bingung mau ngomong apa.

Anu mba, anu, kamu cantik

Kamu : Hai apa kabar?

Dia : Hai, kabarku baik. Kamu apa kabar?

Kamu : Iya baik juga

Dia : (diam)

Beberapa menit kemudian, 

Kamu : mmmmm, kamu, kamu…

Dia : Aku pergi dulu yaa, taksiku udah dateng.

– Hati berdebar-debar, keringetan dan gak tahu harus berbuat apa.

ngomong apa ya

Saat ngajakin kamu ngobrol, kamu malah bingung mau berbuat apa. Deg-degan sampai habis berliter-liter air putih.

Tuhan, hamba harus bagaimana?

 

– Saking terpesona dan salting ketemu dia, badanmu mendadak kaku dan berubah kayak patung pancoran.

Kamu cuma bisa mematung

Dia : Kamu apa kabar?

(Kamu cuma diam dan senyum manis)

Beberapa menit kemudian, 

Dia : Hey, kamu apa kabar?

Beberapa menit kemudian,

Dia : Hey!!!!!!

Kamu : Hey, ada apa?

13. Mencintainya dalam diam adalah anugrah yang tak bisa dijelaskan. Boro-boro bisa mengungkapkan perasaan, kamu malah memilih menyembunyikannya agar “rasa”mu tak ketahuan.

Aduh ketahuan gak ya

14. Sebagai jalan keluarnya dan pelampiasan rasa, kamu bikin kode-kode gak jelas di dunia maya.

Kode-kodean gak jelas

Bikin status yang menjurus.

Curhat di blog.

Karena gak bisa ngomong langsung, kamu memilih bikin kode-kode gak jelas di media sosial. Berharapnya sih dia bisa baca kode-kode yang kamu berikan.

Tapi pertanyaannya, kapan dia paham? Emang dia cenayang?

 

15. Setiap kamu kamu dengerin nama dan informasi tentangnya, gejolak cinta bikin kamu langsung gelagepan, deg-degan gak jelas.

Deg-degan kalau denger namanya

 

16. Rasa yang kamu pendam bikin kamu punya “magnet” khusus. (Sialnya) kamu kadang juga merasa kegeeran kalau dia melakukan sesuatu yang menjurus padamu.

Kamu sering merasa kegeeran

Mungkin dia bikin status “yang kamu banget”,

Melihatnya melangkah di tangga kampus, bikin hatiku meleleh serasa mau mampus~

Bahagianya itu

Huaaa, tadi siang ‘kan kita papasan di tangga kampus. Pasti itu aku deh. (Sambil senyum-senyum)

 

17. Karena keputusannya yang tak mau -tak bisa- jujur padanya, patah hati adalah resiko yang siap kamu tanggung.

Maaa, tadi aku dilihatin sama gebetan. Pengen pingsan

Jika,

Ternyata yang dia sukai itu bukan aku~

 

18. Memendam perasaan dan mencintai dalam diam itu tak mudah. Kamu harus lebih kuat dan ekstra sabar. Meski putus asa siap menyerang kapan saja.

Kamu kadang juga putus asa

Dia mungkin gak suka sama aku, apa aku harus menyerah begitu saja?

 

19. Tapi dibalik semua rasa cinta yang kamu sembunyikan. Kamu juga menyimpan harapan, bahwa dia bakal bisa dan tahu bagaimana perasaanmu sesungguhnya.

Kamu berharap dia bisa tahu kamu suka

Meski kamu lebih cenderung pasif dan tak berani menyatakan cinta padanya, kamu selalu punya harapan,

Suatu saat nanti, semoga dia tahu kalau aku mencintainya dari dulu.

 

20. Bagimu, mencintai itu teramat sederhana: Melihatnya dari jauh, mencari kabarnya lewat layar smartphone, dan menjadi orang yang membuatnya nyaman. Apapun statusnya, yang paling dia bahagia.

Aku sebenarnya suka tau sama kamu

Kamu berusaha keras menutupi perasaan yang kamu punya. Cukup melihatnya tertawa, kamu sudah bahagia.

 

21. Tanpa dia tahu, dibalik sikap “biasa” mu, kamu tak lupa untuk mendoakannya setiap waktu. Perhatianmu justru terwujud jadi kalimat permohonan kepada Tuhan, kebaikan untuknya tak lupa diminta.

Kamu cuma bisa berdoa buat dia dari jauh

Kamu boleh jadi tak terlalu frontal dalam menyatakan perasaan. Kamu boleh jadi tak melakukan pedekatan. Kamu boleh jadi terlihat biasa saat di dekatnya. Tapi saat malam tiba, kamu tak pernah lupa meminta kebaikan untuknya kapada Tuhan.

 

22. Sembari sesekali meminta padaNya untuk menjodohkan kalian berdua.

Kamu berharap dialah pilihan Tuhan

Dalam hati kecil, kamu sering berharap, semoga Tuhan menjodohkan kalian berdua. Karena sejujurnya,

Jodohku, maunya ku dirimu~

 

Mencintai diam-diam adalah pilihan. Meski rasa cintamu tak bisa dilampiaskan seperti orang-orang, mencintainy dalam doa justru bikin hatimu kuat dan jadi orang ekstra sabar. Hidupmu juga lebih berwarna. Aku pernah merasakannya.

 

 

 

Artikel ini pernah dipublikasikan di hipwee.

12 Gaun Pernikahan yang Bisa Kamu Kenakan Demi Tampil Cantik Dengan Tetap Mengenakan Jilbab

Pernikahan adalah momen sakral yang diharapkan terjadi sekali seumur hidup seseorang. Hingga, biasanya kamu akan rela mengeluarkan banyak uang dan dandan maksimal demi tampil menawan di hari pernikahan. Ibaratnya, kamu akan jadi raja dan ratu sehari.

Namun, tampil menawan di hari pernikahan tak melulu harus membuka jilbab dan menggunakan gaun pernikahan indah yang terbuka kok. Menjadi cantik seperti ratu dengan tetap mengenakan jilbab itu tak mustahil kok. Karena gaun pernikahan indah ini bisa menjadi bukti.

 

 

1. Hari pernikahan makin istimewa dengan gaun indah model trumpet dua layer berwarna putih cerah. Auratmu juga tetap terjaga.

Muslim wedding dress

Kamu ingin tampil cantik di hari pernikahan tanpa harus melepas jilbab? Gaun model trumpet berwarna putih bersih dengan dua layer bisa menjadi pilihan. Untuk bagian dalam, kamu bisa gunakan kain satin atau teffeta. Lalu lapisi bagian luar dengan kain organza. Kemudian buat beberapa hiasan manik-manik atau bordir bunga di tepian kain. Kenakan jilbab dengan cara yang simple saja dan sematkan penutup tambahan. Kecantikanmu pasti makin terpancar.

 

 

2. Tampil menawan tanpa harus meninggalkan kesederhanaan itu gampang. Busana pengantin bergaya eropa klasik bisa kamu terapkan dengan jilbab.

Baju pengantin syari

Hari pernikahan itu diharapkan terjadi sekali seumur hidup. Jadi gak ada salahnya kamu tampil beda dan menawan saat acara pernikahan. Jika kamu tak ingin menanggalkan kesederhanaan, pilihlah gaun pengantin bergaya ala Eropa ini. Kain organdi bermotif dan kain penutup dada berhias manik-manik bisa bikin penampilanmu jadi lebih unik. Jilbab yang panjang menjuntai ke bawah dan terikat pada jari tangan bikin kamu layak jadi ratu pesta. Dijamin, orang-orang pasti akan terkesima.

 

 

3. Gaun berlapis warna merah muda dengan penutup kepala dan dada bisa jadi inspirasi agar kecantikanmu makin tergenapi.

Gaun pengantin muslim

Cantik di hari pernikahan itu wajib sebagai wujud rasa bahagia. Selain menggunakan make up yang tak norak, kamu juga perlu menyiapkan busana spesial agar telihat lebih menawan. Misalnya dengan mengenakan gaun gaya modified A line yang terbuat dari kain chiffon atau organza berlapis. Lalu tambahkan kain brokat sebagai penghias. Agar lebih syari, sematkanlah kain secara melintang di bagian dada. Selain itu, tambahan penutup kepala membuat kecantikanmu makin lengkap sudah. Kamu siap melenggang ke pelaminan.

 

 

4. Dengan gaun mermaid putih berhias manik-manik, keanggunanmu sebagai seorang wanita muslimah makin terlihat apik.

Gaun pengantin muslimah cantik dan unik

Tampil anggun dan cantik di hari pernikahan dengan tetap mengenakan jilbab itu tak mustahil kok. Kamu bisa gunakan gaun berbahan taffeta atau charmeuse dengan pola semi mermaid. Agar lebih indah, buatlah atasan ruffle dengan hiasan manik-manik berlian di beberapa bagian. Jangan lupa tambahkan penutup jilbab dengan banyak hiasan ya. Dengan busana seperti ini, aura anggun yang kamu miliki tak akan mereduksi.

 

 

5. Kalau kamu ingin tampil beda di hari pernikahan, gaun jubah model sheath bisa menjadi solusi tepat.

Beautiful muslim wedding dress

Mengenakan jilbab bukan halangan untuk tetap tampil menawan di hari pernikahan. Bahkan kamu juga bisa tampil beda diantara pengantin pada umumnya. Caranya, pilih kain silk bermotif ala timur tengah atau khas India dengan model sheath yang berbentuk lurus. Lalu tambahkan manik-manik dibagian leher dan dada agar terkesan mewah. Nah, jangan lupa tambahankan penutup badan ala jubah dengan satu kancing saja. Dengan gaun seperti ini, kamu bisa lebih percaya diri untuk menyambut para tamu undangan.

 

 

6. Agar terlihat lebih indah, kain brokat memang pas untuk dijadikan senjata. Tak terkecuali sebagai busana melangkah ke pelaminan.

Busana pengantin berjilbab

Karena mengenakan jilbab, gak jarang kamu jadi resah dan bingung harus mengenakan gaun seperti apa agar cantik di hari pernikahan. Pasalnya, sebagian besar gaun pestadi desain “terbuka”. Eit, tenang, itu dulu. Sekarang kamu tak perlu bingung lagi, gaun klasik berbentuk A line yang terbuat dari kain brokat Perancis bisa jadi solusi. Lalu kenakan hijab turban dengan warna senada. Selain itu, tambahkan kain chiffon atau organza yang menutup leher dan menjuntai ke bawah. Dengan busana ini kamu bisa tampil layaknya putri dari cerita-cerita dongeng masa lalu.

 

 

7. Kamu ingin tampil ceria di hari “suci” ? Gaun pengantin ala putri Aa Gym yang warna-warni bisa kamu ikuti.

Gaun pengantin berjilbab syari

Gaun pernikahan itu tak selalu putih kok, warna-warna cerah juga bisa kamu kenakan sebagai simbol keceriaan. Tanpa harus meninggalkan kesan anggun dan syari, busana pernikahan putri Aa gym bisa kamu ikuti. Gunakan saja kain brokat dan kain silk sebagai dalaman. Pastikan kamu pilih paduan warna yang cerah ya. Lalu hiasi gaunmu dengan outer penutup dada ala era Edwardian yang berkerah. Jangan lupa kenakan jilbab yang menjuntai panjang ke belakang. Dengan busana seperti ini, dijamin hari pernikahanmu bisa terasa lebih happy.

 

 

8. Busana dengan corak lukisan dan hiasan manik-manik di kepala bisa jadi jalan keluar saat ingin tampil mewah dan syari sekalian.

Baju pengantin syari

Bagi kamu yang berjilbab, tampil syari sekaligus mewah itu tak mustahil. Kamu bisa mengikuti gaun pernikahan ala Meyda Safira. Gunakan kain satin berwarna kecoklatan, lalu hiasi dengan lukisan indah berwarna emas dan beberapa manik-manik. Aplikasikan hal ini pada jilbab dan gaun yang kamu kenakan. Selain itu, tambahkan beberapa untaian monte di bagian kepala. Dengan tetap menjulurkan jilbab ke dada, penampilanmu bisa terlihat lebih mewah.

 

 

9. Gaun pesta mewah berbentuk ball gown juga tak mustahil dikenakan bagi yang berjilbab. Tambahan penutup kepala justru bikin kamu terlihat layaknya putri raja.

gaun pengantin muslimah cantik

Karena hari pernikahan itu terjadi sekali seumur hidup, gak ada salahnya kamu tampil cantik dan mewah. Justru inilah momen yang untuk berdandan maksimal. Nah, salah satu gaun yang bisa dikenakan adalah ball gown. Buatlah bawahan dari  kain chiffon atau organza secara berlapis. Lalu tambahkan kain brokat senada di bagian atasan dan buatlah variasi potongan hingga bawah perut saja. Dengan tetap mengenakan jilbab dan tambahan penutup kepala, kamu bisa tampil layaknya putri raja di hari bahagia.

 

 

10. Tanpa banyak hiasan, gaun polos dengan jubah menjuntai ke belakang bisa menjadi busana pilihan di pernikahan masa depan

Baju pengantin muslim dan berjilbab

Tampil cantik tanpa banyak manik-manik juga memungkinkan kok. Asalkan, kamu buat pola baju pengantin yang tak biasa. Misalnya, gunakan kain taffeta atau charmeuse sebagai dalaman. Lalu bikin outer dari bahan chiffon atau organza berpola yang menjuntai panjang ke belakang. Jika kamu bisa memilih warna-warna mewah, tampil menawan di hari pernikahan tak mustahil kamu rasakan.

 

 

11. Jilbab yang menjulur ke dada bisa tetap kamu kenakan di hari pernikahan. Dengan brokat berlapis, penampilanmu bisa lebih menawan.

Gaun pengantin syari

Kamu ingin tampil syari dan cantik di hari pernikahan? Kamu bisa menjatuhkan pilihan pada gaun brokat berlapis sebagai dalaman dan kain chiffon sebagai luaran. Pilihlah warna-warna yang lembut dan kalem. Dengan tetap menjulurkan jilbab ke bagian dada, penampilanmu bisa lebih menawan.

 

 

12. Tampil beda dan ceria di hari bahagia itu mudah, gaun bermotif bunga-bunga adalah jawaban.

Gaun pengantin muslimah unik

Sebagian besar pengantin memilih gaun berwarna putih. Padahal corak lain juga bisa dipilih, misalnya gaun dengan motif bunga-bunga. Tanpa banyak aksesoris tambahan, gaun model ball gown bisa bikin kamu tampak berbeda. Dengan gaun seperti ini, kamu bisa tampak unik dan cantik. Berbeda dari pengantin kebanyakan.

 

 

 

Selain menjaga aurat, jilbab juga bisa bikin penampilanmu lebih menawan. Apalagi saat jadi pengantin di hari pernikahan. Tanpa bingung-bingung mencari model gaun, 12 gaya ini bisa menjadi inspirasi pernikahanmu nanti. Aku lebih suka no 2, kalau kamu suka yang mana?

 

Artikel ini pernah dipublikasikan di Hipwee.

 

6 Trik Mudah yang Bisa Kamu Terapkan. Biar Hasil Fotomu Sekeren Jepretan Fotografer Profesional

Sekarang fotografi bukan hanya sekedar hobi tapi juga mulai menjadi gaya hidup. Tempat yang kamu datangi, makanan yang kamu konsumsi, hingga kejadian yang tak diduga-duga juga tak lepas dari jepretan kamera. Gak jarang kamu juga membaginya di media sosial atau hanya untuk konsumsi pribadi semata. Alih-alih asal jepret saja, foto yang bagus jauh lebih mengesankan.

Nah, membuat foto yang indah dan bagus layaknya fotografer profesional itu gak harus perlu peratalan mahal kok. Kamu hanya perlu trik dan tips khusus agar hasilnya maksimal. Penasaran bagaimana caranya? Berikut bocorannya dari aku.

 

 

1. Efek bokeh memang paling juara untuk membuat foto lebih dramatis. Hanya dengan kertas karton bokehmu bisa terlihat lebih unik.

Fotografi hack biar foto lebih bagus

Efek bokeh atau efek blur adalah salah satu cara agar foto terlihat lebih dramatis. Biasanya, bokeh berbentuk bulat atau polygonal dan terbentuk saat ada secercah cahaya. Nah, jika kamu ingin membuat efek bokeh yang unik dan bagus, bikin sendiri saja dengan karton berpola. Caranya, buatlah tutup lensa kamera menggunakan karton warna hitam. pastikan ukurannya sesuai dengan diameter lensa DSLR mu ya. Setelah itu, buatlah pola berbentuk tuli, awan, bintang atau hati berukuran 1 cm x 1,5 cm.

Lalu pasang alat bokeh kreatif ini pasa lensa kamera Bari jepret objek yang punya sumper cahaya, misalnya lampu taman atau jalanan saat malam. Dengan tambahan gerakan saat mengambil gambar, gak msutahil kamu bisa mendapatkan efek bokeh yang unik. Kamu berani coba?

 

 

2. Kamu ingin jepretanmu lebih “bersih”? Usir saja flare yang menggangu dengan karton atau sisa sleeves kopi kesayanganmu.

Camera hack biar foto jadi lebih bagus

Saat kamu memotret objek dengan berhadapan dengan matahari, gak jarang fotomu jad ternoda dengan adanya flare yang bentuk gak jelas. Nah, jika kamu ingin menghilangkannya, tutup kartonampuh menjadi penyelamat. Kamu bisa gunakan kartos kardus yang tipis atau karton pelindung cangkir kopi plastik. Dengan begitu, hasil jepretanmu bisa lebih bersih dan flare tak ada lagi.

 

 

3. Siapa bilang foto bagus itu harus sewa studio mahal. Bungkus snack berbentuk tabung yang dipasang pada flash kamera bisa jadi trik andalan.

Camera hack yang bisa bikin gambarmu jadi lebih bagus

Demi foto yang indah, banyak orang memilih sewa studio komersial dengan dana yang tak sedikit. Padahal, bikin foto yang bagus itu gak harus mahal lho. Kamu bisa mengakalinya dengan trik, salah satunya dengan mamanfaatkan bungkus camilan yang berbentuk tabung. Cukup dengan menggunting tutup dan alas tabung, dan kemudian memasangnya pada flash kamera dengan selotip. Cara ini bikin cahaya bisa lebih fokus pada satu objek saja dan gamabr lebih tajam. Maka gak heran jepretanmu juga bisa tampak lebih indah.

 

 

4. Selain mengandalkan tripod, goncangan kamera di tempat-tempat sulit bisa kamu atasi dengan jeans bekas yang berisi biji-bijian.

Camera hack biar foto lebih bagus

Tripod adalah salah satu solusi praktis untuk mengatasi goncangan kamera dan gambar yang rusak. Namun, pada situasi tertentu, tripod tak bisa jadi penyelamat dan malah bikin ribet. Misalnya saat di mobil atau mengambil gambar di hutan. Nah, sebagai solusi, kamu bisa gunakan kantong “ajaib” yang terbuat dari kain jeans.

Kamu hanya perlu menggunting celana bagian betis. Lalu isi dengan biji-bijian yang lembut seperti beras atau kacang hijau. Pastikan jangan terlalu penuh ya, agar kantong ini bisa lebih fleksibel. Barulah jahit kedua sisinya. Sekarang kamu bisa menggunakannya sebagai penopang kamera. Dengan begitu, gambar bis aterlihat lebih bagus dan kameramu juga tak lecet.

 

 

5. Tanpa perlu banyak editan komputer, gambar tema vintage bisa kamu dapatkan dengan plastik bening. Cara memasangnya juga gampang.

Camera hack biar foto terlihat lebih bagus

Kamu suka foto berbau vintage atau retro? Tanpa harus melalui editing komputer, sekarang kamu bisa coba gunakan plastik bening saja. Caranya cukup mudah kok, pertama-tama sobek kantong plastik menggunakan tangan. Jangan pakai gunting ya, dengan begitu efek vintage yang kasar, acak, dan natural bisa tercipta. Kemudian, pasang pada lensa kamera. Tapi pastikan jangan terlalu menutup lensa ya. Plastik ini bisa memberikan efek buram dan blur yang lebih unik di sekitar objek. Nah, kamu berani menjajalnya?

 

 

6. Hanya dengan tambahan kertas putih yang tertempel di jendela, jepretan macro yang kamu ambil bisa terlihat lebih detail dan apik.

Camera hack biar gambar lebih bagus

Jepretan macro selalu menjadi andalan untuk memotret benda-benda kecil karena bisa bikin objek  terlihat lebih detail. Tak hanya mengandalkan setting  kamera, jika kamu ingin hasil yang lebih maksimal dan apik, cobalah mengambil gambar di dekat jendela. Kamu bisa coba pasang kertas putih pada kaca jendela, lalu gunakanlah sebagai latar pemotretan. Kemudian set kameramu mode f.8 ISO 100 dan single poin AF. Dan pastikan kamu mengambil saat siang hari ya. Dengan cara ini tak mustahil gambarmu bisa terlihat lebih apik, fokus dan detail.

 

 

 

Foto adalah cara untuk merekam kenangan. Tak hanya asal jepret saja, trik dan tips ini bisa gambar kenangan yang kamu terlihat lebih apik tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Selamat mencoba dan menerapkan.

 

Artikel ini pernah dipublikasikan di Hipwee.

Jika Kamu Ingin Punya Rumah Minimalis yang Nyaman, 10 Desain Rumah 3D Ini Bisa Jadi Inspirasi Hunian Bersama Keluarga Kecilmu Di Masa Depan

Rumah adalah tempat kembali paling nyaman saat sudah lelah di luar.

Bagi setiap pengantin yang baru menikah, rumah adalah tempat peraduan yang paling diidam-idamkan. Karena pasalnya, punya rumah sendiri bikin kalian jadi lebih tenang dan aman. Namun, rumah nyaman tak melulu harus besar. Bangunaan rumah tipe 36 atau 45 juga sudah cukup pantas sebagai hunian awal masa awal pernikahan. Rumah minimalis juga bisa bikin kantong tak terkuras banyak.

Bermodal kelihaian dalam menata interior ruangan, rumah minimalis ini juga bisa bikin kamu hidup nyaman bersama keluarga tercinta. Nah, tanpa perlu bingung mencari inspirasi di banyak tempat, 9 desain rumah minimalis rekomendasi aku yang bisa kamu terapkan.

 

 

1. Paling tidak sediakanlah dua kamar utama di rumah yang kamu buat. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir jika ada keluarga yang menginap.

Desain rumah sederhana untuk masa depan

Meski belum punya anak, gak ada salahnya kamu mulai menyiapkan kamar tambahan. Hal ini ditujukan agar kamu tak perlu bingung jika ada anggota atau teman yang menginap. Buatlah dua kamar terpisah bagian kanan kiri rumah depan.  Jangan lupa siapkan kamar mandi pribadi di dekatnya. Lalu buatlah ruang tamu di bagian tengah dan dapur di dekatnya. Jika kamu takut privasi hidupmu tercampuri, desain rumah seperti ini bisa jadi solusi.

 

 

2. Buatlah dapur dan ruangan makan berjajar di bagian depan. Dan jangan lupa bangun dua kamar di bagian belakang. Dengan cara ini, privasi rumah lebih terjaga dari tamu yang datang.

Desain rumah modern untuk masa depan

Kamu ingin membuat rumah yang “aman” untuk menjaga privasi rumah tangga dari tamu yang datang? Desain rumah minimalis ini bisa jadi kamu terapkan. Buatlah ruang tamu bagian depan, lalu sekat dengan kamar mandi dan gudang. Setelah itu, buatlah lorong pendek menuju dua kamar di belakang. Dengan cara ini, rumah minimalis impianmu jauh lebih nyaman untuk ditinggali.

 

 

3. Meski lahan tak terlalu luas, jangan lupa membuat beranda di samping rumah. Jadi, waktu luang kalian berdua jauh lebih santai.

Desain layout rumah sederhana yang indah

Rumah minimalis bukan berarti tidak boleh ada beranda lho ya. Justru ruangan ini penting untuk santai berdua dan menghirup udara segar. Kamu bisa buat di samping rumah bagian tengah. Agar lebih dekat untuk mengambil suguhan, buat saja dapur di bagian depan rumah. Lalu posisikan ruang makan searah dengan ruang tamu. Selain itu, jangan lupa buat dua kamar di bagian belakang yang dipisahkan dengan satu kamar mandi saja. Dengan tata ruang seperti ini, kamu bisa hidup lebih nyaman. Leyeh-leyah bersama pasangan di beranda juga lebih menyenangkan.

 

 

4. Jika kamu ingin rumah yang strategis, tempatkan saja pantri yang berdekatan dengan ruang tamu agar praktis.

Desian rumah untuk 2 kamar

Kamu mengidam-idamkan rumah yang strategis dan praktis? Buat saja rancangan ruangan seperti pada gambar. Posisikan ruang tamu berdekatan dengan pantri. Lalu buat ruang panjang setelah pintu depan. Agar lebih lapang, letakkan sofa tamu agak ke dalam. Dan tak lupa, buat dua kamar di belakang. Dengan begitu, mau ngapaian aja lebih praktis dan efeketif.

 

 

5. Jika kamu pandai mengatur tata ruang, lahan sempit tak mustahil bisa terasa lapang.

Desain rumah sederhana

Rumah kecil bukan berarti tak nyaman. Asalkan kamu bisa menatanya ruang dengan benar, tak mustahil rumahmu ini terasa lapang. Kamu bisa membuat ruang tamu di depan, pantri di bagian belakangnya. Nah, jika kamu ingin membuat ruang kerja khusus, tempatkan di bagian depan, samping ruang tamu. Lalu tempatkan satu kamar utama di bagian belakang. Tanpa perlu khawatir terkesan sumpek, tata ruang ini bisa jadi andalan.

 

 

6. Kemandirian dan keberanian seorang anak perlu perlu dilatih kecil. Jadi gak ada salahnya buatkan kamar sendiri mulai saat ini.

Desain layout rumah sederhana untuk keluarga kecil

Keberanian dan kemandirian anak bisa dilatih dengan membuat kamar terpisah. Jadi, gak ada salahnya kamu buat kamar anak saat kamu ingin bangun rumah. Kamu bisa menempatkannya di bagian depan. Lalu tempatkan ruang kosong untuk bermain di depan kamarnya. Nah, agar pergerakan si anak tetap terkontrol, tempatkan kamar utama menghadap ke ruang tengah. Dengan cara ini, kamu tetap bisa melatih sekaligus menjaganya dengan cermat.

 

 

7. Gak ada salahnya kamu satukan saja ruang bersama di bagian tengah, dengan begitu kebersamaan keluarga lebih terasa.

Desain rancangan bikin rumah sederhana untuk keluarga

Ruang bersama seperti pantri, ruang makan, dan ruang tamu adalah tempat dimana anggota keluarga bisa saling bertemu. Nah, agar ruangan ini bisa berfungsi maksimal, tempatkan saja di bagian tengah. Ruang tamu di tengah bagian depan, lalu pantri atau dapur di bagian belakang, dan tempat makan di sebelahnya. Barulah kamu buat dua kamar di samping kanan kirinya. Salah satu pojok rumah bisa kam buat untuk mencuci atau gudang. Dengan cara ini, kebersamaan anggota keluarga bisa tercipta. Jadi keluargamu juga makin hangat.

 

 

8. Dibalik rumah yang nyaman selalu ada tata ruang yang cerdas. Gak ada salahnya kamu mulai cari inspirasi dari sekarang.

Rancangan desain rumah 2 kamar

Agar rumah yang kalian tinggali tetap nyaman, pastikan kamu buat rancangan tata ruang yang tepat dan cerdas. Nah, tanpa perlu bingung mencari inspirasi, desain rumah rekomendari Hipwee ini bisa kamu ikuti. Sekatlah rumahmu jadi 3 bagian. Satu bagian untuk ruang tamu dan ruang makan, satu bagian untuk kamar utama, dan satu bagian lagi untuk kamar cadangan, dapur, dan tempat laundry room. Selain itu, tak lupa pula buat beranda di samping ruang tamu. Jadi, rumahmu yang tak terlalu luas bisa dimanfaatkan secara maksimal.

 

 

9. Ruang tamu itu tak melulu kudu di depan, ditempatkan di tengah justru terlihat lebih welcome.

Rancangan 3D rumah minimalis untuk keluarga kecil

Ruang tamu seringkali ditempatkan di bagian depan, padahal tak melulu harus begiti kok. Kamu bisa menempatkannya di bagian tengah. Dan sebagai gantinya, ruang makan dan dapur diletakan di depan. Dengan desain seperti ini, kamu sebagai pemilik rumah lebih terkesan welcome. Selain itu, kamu juga bisa sekaligus memanfaatkan ruang tamu menjadi ruang keluarga. Nah, menarik ‘kan?

Rumah yang nyaman itu tak melulu kudu harus besar, rumah minimalis juga bisa jadi pilihan. Tanpa perlu bingung mencari desain tata ruang yang indah dan tepat, 9 desain 3D layout rumah minimalis rekomendasiku bisa kamu ikuti.
Hayo, kamu milih yang mana?

 

Artikel ini pernah di publikasikan di Hipwee.

12 Alasan yang Membuat SID Terus Jadi Band Rock Terbaik di Seantero Negeri

Superman Is Dead bisa dibilang salah satu pelakon musik rock terbaik di Indonesia saat ini. Setelah 18 tahun berdiri, SID makin kuat menancapkan cakarnya di belantika musik rock Indonesia. Setiap konser dan gig-nya di berbagai kota pasti dipenuhi oleh para outsider,lagu-lagu mereka pun jadi hits single nasional.

Bukan hanya soal musik dan liriknya, SID memang beda karena idealisme kuat yang tetap membersamai tiap langkah mereka. Di tengah gempuran musik sendu dan menye-menye di industri musik Indonesia, SID dengan gagah berani menyelipkan lirik dengan unsur sosial dalam lagu-lagunya. Personil SID pun terkenal lantang menyuarakan kepedulian mereka pada berbagai masalah bangsa melalui jejaring media sosial.

Saat banyak band berbondong-bondong menjadi sama demi memenuhi selera pasar — Bobby Kool, Eka Rock dan Jerinx adalah band anomali yang (anehnya) tak pernah kehilangan penggemar. Apakah kamu salah satu outsider dan lady rose setia SID yang sudah mengagumi mereka sejak usia belasan? Atau kamu salah satu calon penggemar baru yang butuh alasan mengapa harus mengagumi mereka? Di artikel ini aku akan buka seluruh tabir dan alasannya.

 

 

1. Superman Is Dead sudah istimewa sejak awal kemunculannya. Mereka hadir dengan filsafat sederhana bahwa tidak ada manusia yang sempurna.

Mereka yang memberikan arti pahlawan sejati tidak pernah ada

SID memulai perjalanan karir mereka pada tahun 1995 dengan nama Superman is Silver Gun — digawangi oleh Jerinx, Bobby dan Lolot. Di awal kemunculannya SID rutin memainkan lagu-lagu Green Day dan NOFX pada setiap penampilannya. Di tengah perjalanan Lolot memutuskan keluar untuk bergabung dengan proyek kolaborasi musisi lokal Bali, hingga kini Lolot dikenal sebagai musisi yang membawakan lagu-lagu berbahasa Bali.

Slot kosong yang ditinggalkan Lolot pun akhirnya diisi oleh Eka Arsana atau kini lebih dikenal sebagai Eka Rock. Nama Superman Is Silver Gun pun dianggap tak lagi cukup menggambarkan identitas dan musik mereka — hingga disepakati bahwa akan digunakan nama Superman Is Dead sebagai gantinya.

Tak main-main makna di balik nama ini. Superman Is Dead berarti Superman Telah Mati. Manusia sempurna itu hanya ilusi. Selepas berganti nama SID memutuskan teguh dengan gaya musik mereka sendiri –walau masih terasa pengaruh Green Day dan NOFX di album pertama mereka tapi di album-album selanjutnya suara Bobby, Jerinx, dan Eka makin lebih terasa.

Ciri khas SID yang kuat terasa pun diamini sebagai hal yang membuat para penggemar bertahan. Di negeri ini masih banyak orang yang gemas dengan pilihan musik yang itu-itu saja — keberadaan SID bisa jadi oasenya.

Mereka itu out of the box dan memliki ciri khas sendiri

M. Irfan Izudin, Jomblo penggemar SID

2.  Lirik lagu SID terkenal magis. Walau musik mereka memekakkan telinga, kamu yang bukan penggemar punk rock pun bisa dibuat jatuh cinta

Mereka tidak hanya teriak teriak

SID boleh mengusung genre Punk Rock dalam tiap musik yang dimainkannya. Namun bukan hanya anak Punk-Rock yang bisa jatuh hati pada musik mereka, kita-kita yang sehari-hari mendengarkan lagu pop pun bisa dibuat jatuh cinta.

Bagaimana bisa? Pertama, musik SID memang rancak –tapi masih dalam batas kewajaran yang bisa dinikmati oleh telinga orang awam yang tak suka musik gedubrakan. Sebut saja lagu “Saint of My Life” dan “Kita Adalah Belati.” Distorsi gitar tetap terasa, semangat punk rock tetap menggelora di sana, tapi SID dengan cerdas memasukkan lirik dengan kata-kata yang menarik telinga. Membuat mereka yang tak bisa sepakat sepenuhnya dengan dentuman drum yang rapat ketukannya lebih fokus pada liriknya.

Belum lagi soal tema. SID tersohor dengan kepiawaiannya meramu tema yang terkesan berat dalam lirik yang sederhana. Sindiran pada upaya reklamasi Bali, pembangunan hotel yang kian tak beraturan, sampai isu HAM bisa dibawakan dalam lagu yang membuat pendengarnya ingin ikut berdendang.

Liriknya itu sering sesuai dengan apa yang saya pikirkan. Musiknya juga menghentak. Lirik dan lagu seirama. Liriknya banyak mengenai kritik sosial, teriakan protes, politik, lingkungan. 

Andi Mahendra, Outsider.

SID layak jadi legenda karena kemampuannya untuk berkompromi. Saat band punk rock lain bersikeras mengedepankan musik yang memekakkan telinga dan lirik yang hanya terdengar seperti teriakan saja, SID dengan rendah hati berusaha merangkul orang-orang yang belum atau tidak familiar dengan musik yang mereka mainkan. Tak heran penggemar SID kini tersebar dari semua kalangan.

 

 

 

3. SID membuktikan bahwa genre punk-rock tak lagi hanya didominasi kaum pria. Dalam perjalanan karirnya SID didampingi Lady Rose yang tetap setia

SID juga punya banyak penggemar wanita

Ketika masuk ke venue konser SID kamu mungkin akan sedikit kaget karena melihat banyak cewek — tak sedikit yang berjilbab — ikut tenggelam dalam keriuhannya. Ya, merekalah lady roses, sebutan bagi penggemar wanita setia SID.

Musik punk rock boleh terkenal dengan musik laki-laki yang penuh teriakan dan kadang terkesan bengis. Tapi lagi-lagi, karena kelihaian SID meramu lirik para wanita pun bisa dibuat jatuh hati. Musik SID memang keras, namun ada kejujuran di baliknya yang justru jadi daya tarik bagi wanita yang mendengarkannya.

Dengarkan saja lagu “Bukan Pahlawan” yang dengan gamblang menceritakan seorang pria yang bertutur apa adanya tentang keadaannya.

“Aku bukan pahlawan berparas tampan

Sayap-sayap pupus terbakar

Salah benar semua pernah kulakukan

Angkat gelas kita bersulang!”

SID tidak menjual kata-kata manis dan impian tinggi yang belum tentu bisa dimiliki. Kejujurannya dalam bertutur justru makin menegaskan kesan apa adanya yang jadi magnet bagi penggemar wanita.

Musiknya keras, tapi romantis. Liriknya bercerita.

Risanti Naintiwan, penggemar SID sejak SMP

Sebagai bukti SID bukan hanya milik para pria, kini SID menggandeng biduan cantik Brianna Simorangkir untuk ikut sumbang suara di lagu Sunset di Tanah Anarki.

 

 

4. Saat banyak orang turun ke jalan demi menyuarakan keadilan, SID menunjukkan bahwa pemberontakan bisa dilakukan dengan cara yang elegan.

SID menolak lupa

Musik bagi SID bukan sekadar kumpulan chord yang dibentuk menjadi sebuah lantunan irama atau menciptakan lirik yang mudah dihapal di luar kepala. SID membawa musik ke level selanjutnya, yaitu sebagai alat perjuangan dan advokasi bagi berbagai permasalahan sosial yang bangsa ini hadapi sehari-hati

Mereka kritis, mereka mampu menciptakan sebuah lagu sesuai keadaan sosial dan politik yang sedang hangat saat itu.

Faris Samhan, Penikmat Musik dan Seni.

Dalam single andalan di album Sunset di Tanah Anarki SID menyuarakan kepedulian mereka pada kebiasaan mudah lupa yang menjerat bangsa Indonesia. Hingga kini Widji Thukul masih hilang, kasus Munir pun masih belum terang — melalui lagu dan video klip mereka lah SID bersuara pada para penggemarnya.

Dalam video klip Sunset di Tanah Anarki SID memasukkan potongan gambar Munir dan Widji Thukul. Lirik lagu Sunset di Tanah Anarki pun dengan lantang bertutur tentang pelanggaran Hak Asasi yang sampai hari ini masih dianggap biasa di negeri ini:

Dalam gelisahku menunggu, berita tentang gerilyamu

Semerbak rindu kuasai udara panas ini

Sepucuk surat telah tiba, dan senja pun ikut berdebar

Kalimat indah dan kisahmu tentang perang dan cinta

Sunset di Tanah Anarki

SID adalah ikon bagi perjuangan anak muda yang kerap malas jika diajak bicara soal gejolak politik yang makin tak jelas juntrungannya. Dari betotan gitar, dentum ritmis drum, dan lirik yang kritis mengiris namun tetap punya sisi magis SID tanpa disadari membuat kita lebih peduli pada masalah negeri. Tentu saja mereka menyampaikannya dengan tidak menggurui, membuat kita tetap punya ruang sendiri untuk berinterpretasi.

 

 

 

5. Walau mengusung musik punk rock yang lekat dengan pemberontakan dan kebebasan, SID tak berusaha menutup diri dari urusan hati. Dalam lagunya mereka mengungkapkan cinta dengan caranya sendiri

Kalau cinta jangan cengeng

Walaupun rocker mereka tetep kenal lagu cinta. Untuk lagu-lagu yang pelan dan romantis, mereka menyampaikan keromantisan dengan cara mereka sendiri. 

Fauziatul Fitriyah, Peneliti

SID tetap manusia biasa. Tak peduli seberapa nge-rock dan nge-punk mereka, 3 orang ini tetap 3 orang pria yang pasti berurusan dengan tetek-bengek cinta. Hebatnya SID — Jerinx, Bobby, dan Eka — mereka tak pernah berusaha meninggalkan akarnya sebagai manusia. Tak perlulah berusaha sok tegar untuk tidak ikut terenyuh ketika bicara soal cinta, tapi mereka selalu punya jaringnya sendiri agar lagu cintanya tidak keluar dari marka.

Di tengah marakanya musik punk yang  mendendangkan tentang patah hati dan anti pati pada cinta, mereka mampu hadir dan mengusung cinta dengan kemasan yang berbeda. Lagu Lady Rose misalnya, lagu ini mampu memberikan nuansa berbeda bagi kamu yang sedang jatuh hati. Mereka tidak menawarkan cinta picisan yang penuh drama, tapi justru mengatakan bahwa cinta selalu sepaket dengan upaya untuk terus gigih berusaha.

When you fall to my arms, when you sleep for a thousand year

Never will brings you down, down down down…

You’re the heart of the crown

And the blood of all my lifetime

You are my lady rose…

Lady Rose

Lirik yang manis, mengena, jujur apa adanya membuat para pria merasa mendapatkan saluran perasaannya. Wanita yang mendengarkan pun tak merasa dirayu dengan kata berbunga-bunga yang kadang justru membuat bergidik saat mendengarnya. Cinta yang diungkapkan SID selalu terasa pas dan lugas.

 

 

6. Jiwa Rock dan Punk SID tak perlu diragukan. Personilnya benar-benar mengaplikasikan nilai-nilai punk rock dalam kehidupan

SID tolak reklamasi

Sebenarnya gak cuma lagunya, tapi dari personilnya juga mereka itu keren. Mereka sangat concern masalah lingkungan di daerah asalnya kayak isu reklamasi teluk Benoa

Risanti Naintiwan, Penggemar SID sejak SMP

Jiwa punk rock bukan cuma sekadar jubah bagi SID dalam berkarya. Ketiga personilnya benar-benar mengaplikasikan nilai punk rock dalam kehidupan mereka. Punk rock adalah tentang antitesis kemapanan, kepedulian pada negara yang disuarakan lewat jalur non-politik, hingga semangat untuk menciptakan gerakan sosial yang tumbuh dari akar rumput.

Inilah yang dilakukan oleh para personilnya. Personil SID tidak memainkan musik mereka semata untuk mencari uang, di luar kegiatan manggung dan rekaman SID juga punya clothing line yang gencar dalam hal pemasaran. Hal ini harus dihargai sebagai upaya untuk mempertahankan independensi, saat kelak lagu mereka tak laku pun mereka tetap bisa bermusik sesuka hati tanpa harus susah-susah mengikuti selera pasar.

SID juga terkenal dengan kepedulian personilnya pada berbagai masalah negeri. Isu tentang reklamasi Bali contohnya. Jerrinx dengan lantang menggunakan akun Twitter pribadinya sebagai corong untuk bersuara:

 

Kegiatan mereka mampu menjadi bius bagi para penggemarnya untuk melakukan hal yang sama. SID membuktikan bahwa anak punk bukan lagi kelompok masyarakat yang dipandang sebelah mata. Tapi mereka mampu menujukan bahwa punk bukan hanya tentang bermusik dan bernyanyi dengan suara keras, tapi idealisme pada lingkungan juga harus diperjuangkan.

 

Manusia, dan sejuta alasan merusak bumi dengan kesombongan yang sempurna

 

Ketakpeduliannya, lelah aku bertanya.

 

Mungkinkah akan tiba hari terakhir di dunia?

 

Marah Bumi

 

 

7. Di antara sekian banyak band yang menyuarakan isu nasionalis, SID mampu hadir dengan bahasa yang lebih puitis.

Nasinalisme SID

SID memang bukan satu-satunya grup band Rock yang menyuarakan tentang nasionalisme. Tapi lagi-lagi SID selalu punya cara sendiri untuk membuat penikmat musik jatuh hati. Ada Netral yang sudah lebih dulu melambung dengan slogan khasnya “Garuda di Dadaku”. Kini SID  menyihir para penggemar dengan semangat dan cara yang berbeda, lewat lagu di album terbaru mereka yang berjudul “Jadilah Legenda.”

Sudah banyak sih band yang memainkan lagu nasionalis. Tapi yang ini malah pembawaannya beda. Jadi kalau disuruh milih, aku milih lagu “Jadilah Legenda.”

M. Irfan Izudin, Jomblo penggemar SID

 

 

Lihat laut dan indahnya ombak  Gemulainya pohon kelapaPara Gadis yang mulai menari Kibarkan Merah Putih

Jadilah Legenda

 

 

Tanpa perlu bertaburan kata-kata “Merdeka”, “Indonesia”, dan “Tanah Air” lagu nasionalis ala SID ini tetap bisa membuat bulu kuduk berdiri. Dengan gaya bahasa yang puitis ala SID rasa cinta pada tanah air bisa dikhidmati dengan cara berbeda.

 

 

8. Bagi SID idealisme adalah harga mati. Satu-satunya yang boleh jumawa bahwa mereka “Muda, Beda, dan Berbahaya” ya cuma SID!

SID dengan idealismenya yang tidak pernah berubah

Tak lengkap rasanya jika membicarakan SID tanpa menyelipkan lagu Muda, Beda, dan Berbahaya. Harus diakui lagu ini memang benar-benar menggambakan kepribadian mereka. Tak suka diatur, bebas bersuara dan lantang menuntut perubahan adalah image yang melekat pada band ini dan ketiga personilnya.

SID bisa seperti itu karena dia mampu mempertahankan dan memperjuangkan karakter mereka.

Andi Mahendra, Outsider

 

 

Walau kini sudah bernaung di bawah major label Sonny Entertainment SID tetap berusaha mempertahankan idealismenya dalam berkarya. Dalam sebuahwawancara SID mengatakan bahwa Sonny hampir tidak punya andil dalam proses berkarya mereka.

 

“Bobby tetap bikin musik, Jerrinx bikin lirik, Eka kadang bantu bikin musik dan lirik. Nah, bir bintang (botol besar dan dingin) menyatukan harmoni ketiganya. Kenapa kami masuk major label? Karena kami cuma mau fokus berkarya. Biar Sonny yang ngurusin masalah distribusi dan tetek bengeknya. Lagian kami tidak pernah menyodorkan demo pada mereka. Jadi SID dan Sonny itu partner. Posisinya setara.”

 

 

 

9. Tanpa sadar SID mendampingi kita menjadi pribadi yang berani menciptakan coraknya sendiri. Tak ada yang salah dengan menjadi berbeda, Jerrinx-Bobby-dan Eka sudah membuktikannya

SID saat belum eksis

Dalam lagu Kita Vs Mereka SID menyuarakan tak ada yang salah dengan menjadi berbeda.

Hey kau yang terluka karna engkau berbeda Jangan pernah menyerah hancurkan kesedihan Kita kan bersama, ayo lawan dunia Injak kesombongan dan keangkuhannyaJarum dan tinta, kulit berwarna Buktikan kubisa, akan kurubah dunia

Di lagu itu SID ingin menyampaikan semangat mereka pada para pendengarnya. Tak ada yang salah dengan menjadi berbeda. Dunia bukan sekolah dasar yang mewajibkan seluruh orang di dalamnya berperilaku dan memilih jalan hidup yang seragam. Semangat inilah yang ingin ditransfer SID pada outsider dan lady rose yang kebanyakan masih berusia muda.

Outsider itu orang yang berpikir kritis. Dia harus berhenti berfikir positif dan negatif. Harus berani tampil beda.

Andi Mahendra, Outsider

 

Setiap rasa tak yakin pada keunikan diri melanda, sumpal saja telingamu dengan pelantang suara kemudian dengarkan lagu Kita vs Mereka. Dijamin ketidakpercayaan dirimu akan segera menguap ke udara!

 

 

10. Meskipun SID jarang tampil di TV komersial, loyalitas penggemar setianya tak pernah berkurang

SID dengan penggemarnya yang fanatik

Sepertinya dunia terlevisi tidak punya ruang untuk menampilkan musik-musik rock yang berisi. Seolah, mereka hanya punya ruang bagi musik yang bisa membuat bergoyang ala dangdutan. Maka, musik SID tidak masuk nominasi untuk sering tampil di TV. Namun, hal ini tidak menyurutkan SID menjadi musisi yang minim penggemar. SID selalu punya cara untuk istimewa untuk selalu menjadi jawara bagi para penikmat musik rock. SID sering melakukan konser-konser di penjuru kota untuk membuat rindu pada Outsider dan Lady Rose terbayar. SID yang anti tampil lipsync, harus rela tampil prima untuk membuat penggemarnya merasa diajak bicara. Menonton konser SID secara langsung bagi penikmat musik punk rock bisa diibaratkan seperti miniatur angin surga. Puas: mulai dari musik yang diterima di telinga, jingkrak-jingkraknya, serta meninggalkan rasa hangat di hati setelah keluar dari venue konser yang pasti berjubel manusia.

 

 

11. Minim kabar di pemberitaan nasional, mereka berkibar di kancah internasional. Diam-diam SID sering memenangkan berbagai penghargaan.

Mereka tetap berdiri dengan punk mereka

Tanpa banyak skandal percintaan dan sensasi kacangan yang membuat mereka terkenal secara instan, SID punya cara berbeda untuk menjadi terkenal di kancah musik internasional. Diam-diam,  SID pernah mendapatkan undangan untuk ikut serta dalam Warped Tour 2009. Meskipun album mereka tidak dirilis di Amerika, mereka berhasil menjadi band Asia kedua yang dipanggil untuk gabung dalam salah satu festival musik terbesar di Amerika ini. Dalam kesempatan itu, meraka manggung di 16 kota di Amerika, dalam rangkaian tour ‘From Bali With Rock’. Selain itu, pada tahun 2011 mereka berhasil menjadi musisi Indonesia kedua yang berhasil tampil gagah di tangga musik Billboard dalam urutan ke 23. Dengan sebelumnya Anggun pernah menduduki tangga 22 disana. Belum lagi, baru-baru ini SID dengan rendah hati berucap terima kasih setelah mendapatkan penghargaan di ajang Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards sebagai Grup Rock Terbaik. Ini hanya segelintir dari banyaknya prestasi yang mereka raih. Tanpa banyak bikin sensasi, diam-diam SID berkarya dengan caranya sendiri. Hal ini memjadi kebanggaan tersendiri bagi para penggemarnya. SID seolah berkata bahwa, musik punk rock Indonesia perlu untuk dipertimbangkan.

Mereka bikin sendiri, aransemen sendiri, semuanya sendiri. Jadi terkesan mereka bikin lagu untuk mereka sndiri, tapi asik buat didenger kita-kita.

Faris Samhan, Penikmat Musik dan Seni

 

 

 

12. Jatuh-bangun sudah tuntas band ini alami. Tapi mereka tetap gigih berdiri dan tidak pernah berhenti untuk menjadi diri sendiri

Mempunyai banyak fans dari luar negeri

Memulai karir dari 0, menyebarkan lagu lewat jalur indie membuat SID udah kenyang dengan asam-garam dunia hiburan. Kegigihan dan konsistensi ini jugalah yang membuat para Outsider dan Lady Rose tetap setia mendampingi. Mau digempur cobaan sekuat apapun toh SID tetap berusaha berdiri tegak di belantika musik dalam negeri.

Suka soalnya lagunya itu bikin kita semangat, ada kritik sosial juga, bukan cuman sekedar lagu, tapi ada pesannya. Lagune keras tapi romantis.

Risanti Naintiwan, Penggemar SID sejak SMP

 

Lirik mereka berani, menyuarakan pemberontakan di era yang semakin gak jelas ini.

 

Faris Samhan, Penggemar Musik dan Seni

Kepribadiannnya yang bebas, peduli, dan kritis membuat penggemarnya semakin kagum. Bukan hanya bermusik, tapi mereka juga menunjukan bagaimana mempertahankan jati diri. SID selalu membawa penggemarnya merasa hidup kembali.

 

 

(bonus) 13. Walau sudah terkenal, personilnya selalu rendah hati. SID tahu benar bahwa bermusik bukan cuma soal jadi tenar dan jualan. Sekecil apapun bentuknya, mereka selalu berusaha memberikan apresiasi

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Beberapa saat setelah artikel ini dilansir Jerinx dengan cepat mengomentari artikel ini melalui kicauannya di media Twitter.  Jujur kami kaget saat mengetahui reaksi Bli Jerinx. Apalah arti Hipwee yang hanya seperti remah-remah kerupuk di dasar toples Khong Guan ini?

agustin fatimah SID
agustin fatimah SID

Tapi dari dekatnya interaksi Bli Jerinx dengan pendengarnya, kami tahu bahwa inilah yang membuat SID selalu dicinta. Mereka bukan cuma sibuk bermusik saja. Tapi benar-benar memperlakukan outsider dan lady rose sebagai manusia. Sukses terus ya, Bli!

 

Idealisme yang kuat, lirik yang mengena di hati, pilihan musik yang membangkitkan semangat, dan 3 personilnya yang terus gigih bertahan di tengah gempuran dunia hiburan membuat SID memang layak mendapat predikat sebagai band rock terbaik di seantero negeri. Sepakatkah kamu dengan hal ini? Atau ada band lain yang lebih layak mendapatkan predikat ini?

Artikel ini pernah dipublikasikan di Hipwee.

PS. aku bukan penggemar SID, tapi ku akui SID memang keren

Dengan 6 Gaya Yoga Ini, Hidungmu yang Pesek dan Besar Bisa Tersamarkan dan Terlihat Lebih Mancung

Punya tubuh yang sempurna jadi idaman banyak orang. Tubuh tinggi, kaki jenjang, pipi tirus, dan perut rata, adalah parameter kecantikan yang ingin kamu dapatkan. Selain itu, gak sedikit orang juga menginginkan hidung yang mancung.

Ada pendapat yang bilang bahwa bentuk hidung tidak bisa diubah dengan gerakan eksternal. Tapi gak ada salahnya mencoba dan berusaha ‘kan? Nah, penasaran bagaimana gerakan yang bisa kamu coba? Berikut ini aku berikan rangkumannya. Simak baik-baik ya.

 

 

1. Garis hidung bisa lebih tajam dengan bantuan yoga hidung yang gampang. Tarik bibir ke bawah dan tekan.

Yoga hidung mancung
Yoga hidung mancung

Punya hidung yang indah keinginan semua orang. Untuk membantu mewujudkannya, kamu bisa coba latihan yoga hidung saja. Caranya gampang, tarik pipi dan bibirmu ke bawah. Pastikan hidungmu juga tertarik ke bawah ya. Setelah itu tekan dengan jari dan kembang kempiskan hidungmu. Lakukan selama 10 detik. Ulangi 3 kali ya. Gerakan ini bisa membantu otot hidung jadi lebih kuat dan sehat. Jadi garis hidung juga bisa lebih terbentuk.

2. Meski yoga tak bisa “mendadak” bikin hidungmu mancung — menariknya dengan ibu jari dan telunjuk membuat tulang hidungmu tak lagi merajuk

Yoga hidung
Yoga hidung mancung

Melakukan yoga memang tak serta merta bisa bikin hidungmu mancung dalam sekejap, karena sebagian besar hidung terdiri dari tulang. Namun bukan berarti yoga hidung itu tak bermanfaat, gerakan ini bisa merawat tulang hidungmu agar tetap indah dan sehat sampai tua. Hidung yang pesek juga menjadi tersamarkan.

Caranya, tekan samping kanan dan kiri hidung dengan ibu jari dan telunjuk, dan sedikit tarik ke bawah. Kemudian dorong ujung hidung dengan jari telunjuk secara perlahan. Lalu tutup mulut dan naik turunkan mulutmu sembari tangan tetap menempel di hidung. Lakukan selama 10 detik. Ulangi sebanyak 4 kali ya.

3. Sedikit bernostalgia dengan masa kecil dulu : memencet hidung dari dua sisi dengan jari tangan dipercaya bisa menyamarkan hidung besarmu.

Yoga hidung biar mancung
Yoga hidung biar mancung

Hidung pesek atau besar seringkali bikin kepercayaan dirimu hilang. Tapi tenang, sekarang kamu bisa coba menyamarkan dengan yoga hidung yang mudah diterapkan. Gerakannya mudah kok, cukup letakkan jari tanganmu di samping kanan kiri pangkal hidung. Lalu tekan perlahan-lahan dan kembang kempiskan. Lakukan beberapa kali. Meski cara ini tak serta merta bisa membut hidungmu mancung, tapi gerakan ini bisa otot hidungmu lebih kencang lho.

4. Ketegasan garis hidungmu bisa dilebarkan dengan senyuman. 5 detik saja mampu membuat garis hidungmu lebih jelas

Yoga untuk hidung mancung
Yoga untuk hidung mancung

Mempunyai hidung yang indah adalah idaman semua orang. Tak melulu kudu operasi plastik kok, kamu bisa mencoba mewujudkannya dengan yoga hidung. Caranya, kamu hanya perlu senyum sembari menarik hidungmu ke atas. Lakukan tiap hari selama 5 detik dan ulangi hingga 10 kali. Dengan cara ini, hidungmu bisa lebih lurus dengan garis yang tegak. Jadi gak mustahil hidungmu juga lebih terlihat jelas.

5. Cubit ujung hidung selama 4-5 detik. Dengan cara ini sakit kepala tak akan membuatmu panik

Yoga untuk hidung
Yoga untuk hidung

Kamu ingin punya hidung yang indah dan sehat? Lakukan saja yoga hidung yang murah meriah dibandingkan operasi bedah. Caranya juga mudah kok, pertama-tama letakkan jari dan jempol pada posisi mencubit di ujung hidung. Setelah itu tekan perlahan selama 10 detik. Ulangi selama 4-5 kali ya. Dengan cara ini, membantu mempertajam bentuk hidungmudan menghindari cedera hidung. Selain itu, cara ini juga bikin kamu nyaman lebih nyaman saat sakit kepala lho.

6. Jaga bentuk hidungmu dengan yoga. Tarik nafas nafas perlahan sembari gunakan jari demi mengaplikasikan gerakan lubang hidup tutup-buka

Yoga hidung
Yoga hidung

Agar bentuk hidungmu terlihat indah, kamu bisa coba mempertegasnya dengan bantuan gaya yoga. Caranya, tutup hidung sebelah kanan dengan tangan, lalu ambil nafas selama 4 detik dengan hidung sebelah kiri. Setelah itu, ganti tutup hidung sebelah kiri, dan ambil nafas melalui hidung sebelah kanan selama 8 detik. Lalukan 4-5 kali. Jika kamu rajin melakukannya, lubang hidungmu juga lebih bersih lho.

Tanpa harus putus asa dengan hidung pesek atau besar yang kamu punya, yoga ini bisa kamu terapkan untuk menyamarkannya. Jika toh ternyata tidak bisa, otot hidung juga lebih sehat. Pastikan kamu melakukannya secara rutin dan hati-hati agar tak cedera ya.

Selamat mencoba.

 

 

Artikel ini pernah dipublikasikan di Hipwee.

Tanpa Perlu Bayar Sewa, 10 Lokasi Gratisan di Jogja Ini Bikin Foto Preweddingmu Lebih Mempesona

Kamu ingin menghemat biaya pernikahan?

Menghemat biaya pernikahan itu ada banyak cara kok. Selain membuat souvenir danundangan pernikahan sendiri, kamu bisa coba mencari lokasi foto prewedding yang gratis. Lumayan ‘kan? uang sewa lokasi pernikahan bisa digunakan untuk anggaran lainnya.

Sebelumnya aku pernah memberikan rekomendasi tempat prewedding di Bandungyang tak berbayar. Nah, bagi kamu yang tinggal di sekitar Jogja, tempat-tempat indah ini bisa kamu jadikan sebagai lokasi prewedding tanpa mengeluarkan banyak uang. Simak baik-baik ya.

 

 

1. Meski sedikit menjorok ke dalam, pantai Pok Tunggal, Gunung Kidul bisa jadi lokasi andalan untuk pemotretan.

Lokasi prewedding gratis di Jogja

Jogjakarta bagian selatan memang surganya pantai yang indah-indah. Nah, diantara banyak pantai, kamu bisa pilih pantai Pok Tunggal sebagai lokasi foto preweddingmu bersama pasangan. Meski lokasinya agak jauh, pantai bercirikan satu pohon Duras ini menawarkan pemandangan yang berbeda. Kamu bisa gunakan konsep casual atau dramatis dengan gaun melambai seperti pada gambar. Tanpa harus mengeluarkan uang sewa tempat, lokasi ini bisa bikin jepretanmu makin menawan.

 

 

2. Agar foto preweddingmu tampak berbeda, latar Hutan Pinus Imogiri bisa menjadi senjata untuk mewujudkannya.

Lokasi foto prewedding gratis di Jogja

Demi menghemat dana, kamu bisa menggunakan tempat-tempat gratisan sebagai lokasi foto prewedding bersama pasangan. Nah, salah satu lokasi murah nan indah yang bisa kamu gunakan adalah hutan Pinus Imogiri, Bantul.  Hutan dengan pohon pinus yang menjulang ini terletak di daerah perbukitan di daerah Dlingo, Bantul. Dengan konsep back to nature, bergaya di lokasi ini ampuh bikin foto preweddingmu lebih menarik lagi.

 

 

3. Kesan Jogja : kota pelajar itu tak boleh kamu sia-siakan. Saatnya kamu bergaya di depan kampus saja. Sekolah pasca UGM salah satunya.

Lokasi prewedding jogja gratis

Setiap orang pasti setuju kalau Jogja itu kota pelajar. Ibaratnya, di setiap sudut bisa ditemukan universitas. Nah, demi menghemat anggaran pernikahan, kamu bisa memanfaatkan tempat-tempat ini sebagai lokasi prewedding. Salah satu tempat yang bisa digunakan adalah Kampus UGM. Kamu bisa pilih lokasi di depan gedung lengkung Sekolah Pascasarjana UGM. Selain itu, guguran daun di depan gedung rektorat UGM juga bagus lho. Agar tak mengganggu, pastikan kamu melakukan pemotretan saat sepi ya, hari libur atau sore hari misalnya.

 

 

4. Kamu tak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri untuk mendapatkan hasil foto yang magis, karena Gumuk Pasir Parangkusumo sudah siap digunakan dengan gratis.

Lokasi prewedding Jogja Gratis

Meski bukan hal yang wajib, foto prewedding sering dilakukan oleh para calon pengantin. Pasalnya foto prewedding bisa digunakan sebagai gambar kartu undangan atau hiasan di venue pesta. Nah, agar jepretanmu lebih spesial, buat saja di Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja. Gumung Pasir dengan vegetasi ini bisa digunakan untuk bermacam-maca konsep foto prewedding. Konsep dramatis, camping, ataupun casual bisa kamu terapkan di sana. Istimewanya, pemandangan indah gumuk pasir bisa kamu nikmati tanpa pelru bayar sewa.

 

 

5. Bagi kamu yang ingin mencicipi keindahan surga, bergaya saja di Goa Jomblang bersama orang tercinta.

Lokasi prewedding Jogja gratis

Membuat foto prewedding indah itu gak melulu kudu di dalam studio kok. Kamu bisa coba bergaya di gua Jomblang yang eksotis. Apalagi saat matahari mulai mengintip ke dalam, foto dengan siluet bikin foto preweddingmu tampak berbeda. Goa yang terletak di perbukitan karst Gunung Kidul ini memang jauh dari jangkauan dan kadang kamu perlu bayar sewa alat-alat pengaman agar bisa tetap aman masuk kedalamnya. Meski begitu, kamu gak bakal rugi kok. Karena bukan hanya jepretan indah, pemandangan khas surga bisa kamu nikmati di sana.

 

6. Diantara keramaian para pendatang yang berjejal di Jalan Malioboro, kamu bisa bergaya berdua disana untuk foto preweddingmu.

Lokasi foto prewedding Jogja gratis

Bicara soal Jogja, pikiran kita pasti langsung tertuju pada Jalan Malioboro. Jalan penuh pendagang dan para pendatang ini patut dimanfaatkan menjadi lokasi prewedding lho. Selain gratis, suasana Malioboro bikin jepretanmu tampak lebih menarik. Kamu bisa bergaya bersama pasangan saat senja atau siang. Lalu manfaatkan plang, delman dan becak yang berlalu-lalang sebagai properti gratis untuk memperkuat kesan Jogja. Tanpa membawa banyak hiasan, lokasi ini cocok untuk foto prewedding yang berkesan.

 

 

7. Tak jauh dari Gumuk Pasir, kamu bisa mampir di runaway Jalan Depok untuk mendapatkan gambar yang tak kalah spektakuler.

Lokasi prewedding Jogja gratis

Tidak jauh dari Gumuk Pasir Parangkusumo, ada jalan panjang yang terkadnag sepi dan gak banyak orang. Jalan ini biasa dinamai Jalan menuju pantai Depok. Nah, agar lebih menghemat uang, kamu bisa bertandang dan bergaya dipinggirnya. Lalu gunakan beberapa properti tambahan dan kamera berkulitas. Tanpa susah mengurusi perijinan dan mengeluarkan banyak uang untuk sewa tempat, jalanan panjang ini tak kalah dalam menawarkan keindahan.

 

 

8. Suasana sejarah dengan view gerbang lengkung bukan hanya bikin fotomu jadi unik, tapi juga lebih nyentrik. Apalagi jika kamu kenakan baju jaman Belanda.

Lokasi foto prewedding gratis

Kamu ingin membuat foto prewedding yang lebih nyentrik dan unik? Usung saja tema sejarah dengan pakaian jaman dahulu kala. Nah, agar suasana sejarahnya lebih kental, manfaatkan saja gang kecil di samping Sasana Hinggil alun-alun selatan. Disana kamu bisa bebas bergaya tanpa takut dipungut biaya. Selain itu, kamu juga bisa gunakan pintu gerbang keraton sebelah barat, dekat pasar Ngasem. Dengan latar gerbang lengkung, hasil foto preweddingmu dijamin terasa lebih “Jogja”.

 

9. Tanpa banyak properti tambahan, puluhan batang pohon yang menjulang di Pantai Goa Cemara bisa bikin fotomu tampak mempesona.

Lokas foto prewedding Jogja gratis

Selain pantai Gunung Kidul, kamu juga bisa menggunakan Pantai Goa Cemara di daerah Bantul. Tanpa banyak properti tambahan, pohon dan akar-akar yang keluar dari tanah bisa mempercantik suasana. Pastikan kamu datang saat sepi saja ya. Selain itu, gunakan konsep foto prewedding yang sesuai. Hanya bermodal transportasi dan kamera berkualitas, jepretan prewedding yang memesona bisa kamu dapatkan.

 

 

10. Kalau kamu ingin foto yang menantang dan beda dari biasanya, berposelah sembari panjat tebing di Pantai Jogan, Gunung Kidul.

Lokasi prewedding Jogja yang gratis

Kamu dan pasangan ingin membuat foto prewedding yang lebih menantang dan beda dari biasanya? Bikin saja konsep kegiatan yang menantang, misalnya canyoning. Datangilah pantai Jogan dan gunakan baju ala pemanjat tebing. Dengan pemandangan air terjun, pantai, dan bebatuan, foto preweddingmu pasti menarik perhatian. Kamu mau coba?

 

Foto preweddinng bukanlah hal yang wajib. Namun, jika kamu tetap ingin melakukannya, gak ada salahnya kamu cari tempat yang gratis saja. Jadi dana pernikahan bisa dialokasikan untuk hal yang lebih “wajib” saja. Nah, tanpa perlu bingung mencari tempat, 10 lokasi ini bisa jadi andalan untuk mendapatkan jepretanyang menawan.

Selamat berbahagia.

Tulisan ini pernah dipublikasikan di Hipwee

Mencintai Bukan Cuma Urusan Hati, 7 Sikap Ini yang Membuat Pasangan Ekstrovert-mu Merasa Dihargai

Besok aku mau ketemu sama teman-teman komunitas baru.

Siapa? Cewek apa cowok? Lama gak?

Mempunyai pasangan seorang ekstrovert adalah karunia. Dia yang aktif, energik, dan selalu bersemangat dalam banyak hal bikin merasa “hidup”. Namun, gak jarang kamu juga khawatir dengan apa yang dia lakukan. Sampai kadang kamu jadi suka mengatur kehidupannya. Padahal, membuat orang ekstrovert merasa dicintai juga ada resepnya lho.

Mencintai itu bukan cuma urasan hati, tapi juga bagaimana kamu menghargai dia yang ada di sisi. Nah, agar hubunganmu bersama kekasih yang ekstrovert berjalan lancar, gak ada salahnya kamu perhatikan aturan-aturan berikut ini.

 

1.  Berhentilah menyuruh pasanganmu yang orang ekstrovert untuk diam. Mendukung apa yang ingin dia explore justru membuatnya merasa nyaman.

Cara mencintai ekstrovert

Bisa dikatakan orang ekstrovert itu aktif dan gak bisa diam. Selalu ada saja yang dilakukan meski sendirian atau bersama teman-teman. Nah, jika kamu ingin membuat dia nyaman, gak ada salahnya berhenti mengaturnya untuk diam saja. Mendukung apa yang menjadi minatnya justru bikin dia senang. Kamu bisa menunjukannya dengan cara-cara sederhana misalnya mengantar ke tempat-tempat yang dia suka atau memberikan masukan tentang hobi yang digelutinya. Dengan begitu kamu akan menjadi pasangan yang dia cinta.

 

 

2. Seseorang yang ekstrovert akan merasa bagai burung terbang di angkasa. Sebagai pasangan yang baik, kamu layak menghargai kebebasannya.

Cara mencintai ekstrovert

Tak dipungkiri kebebasan adalah nyawa bagi mereka yang bersifat ekstrovert. Bukan hanya aktif, sebagian besar mereka sebenarnya tak terlalu suka dikekang. Jadi sudah selayaknya kamu hargai kebebasannya. Biarkan dia menggali apa yang ingin dia gali.  Dukung apa yang ingin dia lakukan. Namun, jika kamu merasa khawatir, cobalah kontrol dengan cara yang lebih halus dan tidak mengekang, misalnya menemaninya atau mengamatinya dari jauh sehingga dia akan merasa lebih dicintai.

 

 

3. Sehari-harinya dia memang selalu antusias dan punya semangat yang membara. Terima dan hargailah karakternya jika kamu ingin dia bahagia.

Cara mencintai pasangan ekstrovert

Sebagian besar orang yang bersifat ekstrovert mempunyai semangat dan antusias yang besar. Gak hanya dalam hal besar, sikapnya pada sebuah hubungan juga gak jauh beda. Mungkin dia sering berapi-api menceritakan sesuatu atau memberikan kejutan padamu. Jadi gak ada salahnya kamu hargai dengan cara menerimanya. Kamu bisa berterimakasih atau menunjukan wajah senang saat dia menunjukan antusiasnya. Kalaupun kamu ingin mengkritiknya, tunggulah beberapa lama. Dengan begitu dia tak akan menyesal untuk bersanding denganmu selamanya.

 

 

4. Kejutan darimu akan membuat hatinya berbunga-bunga. Memberi kejutan adalah cara sederhana agar hubungan kalian semakin mesra.

Cara mencintai pasangan ekstrovert

Lain dengan orang introvert yang tidak terlalu suka diberi kejutan, dia yang ekstrovert justru merasa dicinta jika diberi kejutan spesial. Tak harus tiap hari memberikan bunga atau menuliskan memo romantis di meja kerjanya tiap malam, kamu bisa memberikan kejutan pada momen-momen spesial. Hari ulang tahun atau wisudaan bisa jadi ajang untuk membuktikan cintamu padanya. Dijamin dia pasti makin berbunga-bunga.

 

 

5. Meski dia terlihat punya kepercayaan diri tinggi, sejujurnya seorang ekstrovert juga butuh dukungan dari orang yang dekat di hati.

Cara mencintai ekstrovert

Secara umum, orang introvert  dinilai punya kepercayaan diri yang tinggi. Aktif kesana kemari dan punya banyak teman. Tapi terkadang di dalam dirinya juga masih tersimpan kegamangan. Sebagai orang yang paling dekat dengannya, tak dipungkiri kalau kamu adalah orang yang paling berpengaruh baginya. Jika kamu benar-benar mencintainya, gak ada salahnya kamu support dia. Pasok keyakinan dirinya dan jangan mangkir kalau dia sedang butuh curhat. Hal ini lantaran seorang ekstrovert juga bukan orang yang tidak pernah punya masalah.

 

 

6. Cemburu itu manusiawi. Tapi jika rasa cemburumu terlalu berlebihan, gak mustahil dia malah ingin melarikan diri.

Cara mencintai ekstrovert

Memang wajar kalau rasa cemburu menyerang, apalagi jika dia punya banyak teman lawan jenis di luar sana. Mungkin kamu khawatir dia akan terpikat dengan yang lain. Alih-alih bikin dia merasa dijaga, gak jarang dia malah merasa jengah. Nah jika kamu ingin dia merasa dicinta, cobalah untuk cemburu ala kadarnya saja. Tak perlu melarang-larang dia dengan ketat, mungkin kamu justru bisa masuk dan gabung ke dalam lingkungannya. Dengan begitu kamu tak lagi cemas. Toh, kalau kamu baik padanya, dia juga gak akan rela melepasmu begitu saja kok.

 

 

7. Jangan langsung tersinggung kalau dia mengeluarkan candaan waktu kalian lagi ngobrol serius. Bukan berarti menyepelekan, justru inilah caranya menjaga hubungan.

Cara mencintai pasangan yang bersifat ekstrovert

Saking cerianya, dia yang ekstrovert sering mengeluarkan jokes lucu atau mungkin aneh di sela-sela obrolan. Tak terkecuali saat kalian sedang ngobrol serius. Alih-alih sensi dan marah padanya, kemampuannya dalam membuat candaan justru harus kamu syukuri. Karena inilah cara dia bikin hubungan kalian jadi hidup, jadi gak ada salahnya untuk menanggapi jokes dengan santai tanpa emosi.

 

Mencintai bukan hanya urusan hati, tapi juga perkara sikap-sikap yang kamu tunjukan padanya. Jika pasanganmu itu seseorang yang berkepribadian ekstrovert, 7 hal ini bisa kamu patuhi agar dia makin jatuh hati. Nah, semoga kalian langgeng, ya!

 

Tulisan ini pernah terbit di hipwee.