Image

Waktu yang berlalu

waktu yang berlaluAda sebuah cerita
Suatu ketika Sang guru tiba ditepi sungai. Di pinggir sungai tinggal seorang fakir. Banyak orang yang berziarah kesana untuk mendengar ajaran dari fakir. Orang bilang bahwa fakir itu sanggup berjalan diatas air. Setelah bertegur sapa, sang Guru bertanya, ” Berapa lamu kamu berlatih hingga mampu berjalan diatas air?”

Dengan bangga sang fakir menjelaskan metode yang dipelajarinya selama 25 tahun, bahkan ia harus berlatih keras selama berjam jam tiap harinya. Berkatalah sang Guru kepada fakir itu “Engkau berkorban begitu banyak supaya dapat berjalan diatas air. Pernahkan engkau membayangkan betapa banyak perbuatan baik yang dapat engkau lakukan dalam 25 tahun daripada menghabiskan waktuku untuk mempelajari sesuatu yang dapat dilakukan setiap orang dengan sebuah perahu?”

Cerita dari Suwardjono HS

Sebuah cerita yang membuat aku lalu mempertanyakan :
Apakah yang selama ini apa yang aku lakukan telah membawa kebermanfaatan, bernilai kebaikan, dan memberikan pengaruh?

22 tahun berlalu begitu cepat. Rasanya baru kemaren aku bermain main hujan disekitar rumah, mandi dikali, masak masakan dan menjadi sedikit nakal untuk tidak mau tidur siang. Berboncengan, bertiga berempat berlima dengan kawan kawan yang sekarang sebagian sudah menikah. Berlarian ditegalan karena ketakuan dengan anak sapi yang aku pikir “tergoda dengan warna merah” seragam sekolah. Begitu waktu cepat berlalu, begitu aku merasa cepat sekali tumbuh, begitu waktu merenggut muda para orang tua, begitu masa yang merubah manusia menjadi berbeda. Waktu yang berlalu melenakan pikiran, masa dan membuat tanya, apa yang sudah aku lakukan?

Tidak pernah bisa dienyahkan, bahwa Tuhan hanya mau kita tumbuh dengan kebaikan amal. Menjadikan kita bermanfaat untuk yang lainnya. Tidak pernah bisa dielakkan bahwa Tuhan hanya ingin kita mencinta padaNya, mencintai makhluknya, dan mencintai semuanya dengan porsinya. Beribadah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s