Mimpiku ibadahku

Selamat tahun baru 2013.

Aku baru benar benar sadar bahwa ini adalah tahun baru, setelah 9 hari berjalan.

Tahun baru identik dengan Resolusi. Lalu yang menjadi pertanyaan :

What is the meaning of RESOLUSI?

Menurutku resolusi adalah sebuah rencana capaian kedepan secara berkala untuk meningkatkan kualitas diri kita. Ya, resolusi setiap orang beda beda. Sebenarnya resolusi penting dilakukan setiap saat. Tak hanya di tahun baru. Tapi mungkin memang orang lebih suka membuat resolusi dengan timing yang dianggap bagus dan tepat. Bisa saat tahun baru atau saat ulang tahu. Resolusi : kembali mencari solusi.

Bicara resolusi seperti bicara tentang harapan, cita cita, goals, passion. Kita perlu punya itu dalam hidup. Capaian 1 tahun kedepan seperti apa. Harusnya setiap tahun akan lebih meningkat, lebih berat, dan lebih hebat untuk meningkatkan kualitas pribadi. Contoh nya dua tahun yang lalu mungkin aku bercita cita untuk bisa mendapatkan beasiswa. Makin dewasa cita cita ini semakin berkembang menjadi beasiswa luar negeri dan sebagianya. Manusia memang tidak pernah puas. Tapi menurutku tidak salah, yang salah adalah saat manusia tidak mampu bersyukur. Jadi titik orientasinya berbeda. Tidak salah jika kita menginginkan hal yang lebih baik lagi.

Resolusi sangat berperan terhadap arah sikap kita, seperti kita membuat peta. Lalu, kita kompromikan peta ini kepada Tuhan. Mungkin ada beberapa yang harus diganti dengan yang lebih baik. Ada beberapa hal yang memang hanya Allah lebih tahu mengenai diri kita dibanding diri kita sendiri.

Aku sudah membuat peta hidupku sejak tahun awal tahun 2010. Aku selalu menempelnya didinding kamar. Aku melihatnya sesekali waktu. Tertegun, dan berdoa untuknya. Aku ingat, waktu itu aku dengan mudah dan yakin saat membuatnya. Aku menuliskan semua yaang aku inginkan untuk mengisi sisa hidupku di dunia. Tentang banyak hal. Ada energi tersendiri yang tiba tiba hadir di dalam jiwaku saat aku melihatnya kembali. Tentang mimpi, hidup, citacita, harapan, doa, dan berbagi. Aku percaya diri. Peta hidupku, menjadi semacam pandangan bagaimana aku hidup nanti. Peta hidupku adalah gambaran paling ideal yang aku impikan.  Terlalu idealis memang, tapi tak masalah. Ini adalah cita cita. Aku hanya berusaha hidup lebih baik. Aku membuat dalam kata yang umum. Aku membuatnya untuk seumur hidup. Sekiranya itu yang ingin aku lakukan. Semacam proposal yang kuajukan kepada Allah. Masalah revisian, Allah lebih ahli. Satu demi satu terwujud perlahan. Mulai terlihat. Aku terus berdoa untuk sebuah kebaikan dari yang apa aku suka. Sebenernya itu saja. Semoga Allah mewujudkannya dengan cara yang indah.

Cita cita itu penting, membuat kita lebih hidup. Lebih tegak, lebih bernilai, lebih bermakna, lebih bermanfaat, dan lebih dekat. Allah suka diminta. Karena Allah Maha Penyantun.

Semakin kita tua, semakin susah kita menentukan mimpi kita. Semakin sulit menulis tentang apa yang akan kita cita citakan.Karena kita terlalu banyak memikirkan resiko yang terfikir oleh logis. Namun terkadang apa yang kita cita citakan tidak butuh sebuah kelogisan kita, tapi hanya butuh keyakinan dan usaha kita. Memang terfikir tidak logis, tapi kalau saja kita percaya itu sangat mungkin terwujud. Apa sih yang tidak bisa Allah lakukan? Gak ada.

Dan Allah mengabulkan doa yang tanpa ada keragu raguan didalamnya. Itu janjiNya.

Cobalah untuk bermimpi lagi, resolusi 2013 untuk peta hidupku. Ya, sekiranya aku harus merinci apa yang aku cita citakan. Mengambil langkah dan bertindak. Berdoa, berusaha, berbagi dan percaya akan terwujud.

Semoga peta hidup akan bisa benar benar hidup dan memberi warna pada kehidupanku, keluargaku, orang orang terdekat, agama, bangsa, dan seluruh dunia.

Tidak ada yang tidak mungkin, kalau kita percaya pada yang Maha Memperkenankan.

Teruslah bermimpi hingga lansia, karena pikiran harus tetap muda.

Resolusi 2013 : Harus lebih hebat, lebih cetar, lebih bermakna, lebih bermanfaat, dan lebih membuat dekat denganNya….

dreams

Peta hidup.

Hidup? Untuk apa sih kita hidup? Ya, Allah menghidupkan kita sebagai seorang hamba Allah dan khalifah dibumi. Allah hanya ingin kita itu menyembah padaNya, lalu menjaga apa yang diberikanNya dibumi. Semata mata hanya untukNya. Ibadah.

Teringat ibuku, setiap kali aku akan berangkat ke jogja kita berpelukan.

Lalu beliau berkata ” semoga apa yang kamu inginkan tercapai yaa“. Ibuku tidak pernah menuntutku menjadi apa dan seperti apa. Beliau percayaiku.

Aku berkata “Amin, doakan aku ya Bu”

Dan ibuku berkata “Iya, selalu. Aku memohonkan kemudahan atas setiap apa yang kamu lakukan asalkan itu untuk ibadah

Mak jleb. Ibadah? Aku bertanya tanya apa makna ibadah. Dan sekarang aku jadi lebih tahu lagi. Yang aku percaya, memang apa kita niatkan untukNya, pasti akan dimudahkan oleh Nya.

Mimpiku adalah ibadahku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s