29 ways to stay creative

stay creative

1. Make list : Buat list tentang apapun yang akan dikerjakan, dan dilakukan.
2. Carry a notebok everywhere : Mungkin sewaktu waktu tiba tiba ada ide menarik, langsung tuliskanlah.
3. Try free writing : Tulis apapun yang ada dipikiran. Tentang apapun. Esaay yang bukan bidangmu membuatmu terlatih untuk berfikir kreatif
4. Get away from the computer : Internet, jejering sosial membuat kita tidak produktif. Jauh jauh dari laptop saat memang tidak ada kepentingan dengannya. Mencari kreativitas di dunia nyata lebih menyenangkan dibanding didunia maya.
5. Quit beating yourself up : Jangan terlalu menyalahkan diri sendiri saat banyak hal menjadi berantakan. Don’t blame your self
6. Take breaks : Ambil sedikit masalah, membuatmu tertantang berpikir lebih.
7. Sing in the shower : Ekspresi. Menyanyi, santai, dan menikmati hidup. Air yang menyentuh seluruh tubuh saat kita berpikir bahagia sangat manjur untuk berpikir cemerlang. Ide muncul dengan mudahnya.
8. Drink coffe : Kopi mampu memudahkan aliran oksigen menuju otak, karena mempercepat kerja jantung. Minumlah kopi sewaktu waktu secara proporsional. Pikiran lebih cling, tapi jangan terlalu banyak karena tidak baik untuk kesehatan
9. Listen to new music : Dengarkan musik baru yang berbeda dari biasanya. Aransemen yang baru dan unik membuat otak lebih terangsang
10. Be open : Bukalah pikiranmu untuk bisa mendengar orang lain, belajar tentang banyak hal yang bukan kita banget. Apa salahnya mencari pengetahuan yang bukan kebiasaan kita ?
11. Surround yourself with creative people : Berhubungan dengan orang orang kreatif, membuat kita semakin kreatif. Terpicu untuk semakin lebih kreatif. Musuh cerdik lebih baik dibanding teman dekat yang bodoh.
12. Get feed back : Berikan umpan balik, aksi dan reaksi. Jangan hanya diam.
13. Colaborating : Kolaborasi dengan hal hal yang berbeda membuat semakin indah. Keberagaman. Pikiran lebih terbuka. Dan bisa memandang suatu hal dari kaca mata yang berbeda dan banyak sisi. Keberagaman untuk kesatuan. Saling mengisi. saling berbagi. saling melengkapi dari berbagi aspek.
14. Don’t give up: Jangan menyerah. Berjuanglah dengan keyakinanmu.
15. Practice : Latihan. Jangan menyerah. Latihan rutin membuat kita jadi ahli.
16. Allow yourself to make mistake : Biarkan dirimu merasa menyesal dan sedikit kecewa. Karena ini adalah hal yang menjadi pembelajaran berharga. Membuat kita terbangun dan memacu agar kita lebih kreatif dan kuat lagi.
17. Go somewhere new : Pergilah ketempat tempat baru. Ke kebun, taman, jalanan kaki, pameran, pasar tradisional, pantai, gunung. Kira kira tempat yang bukan biasanya kamu tempati. Bisa juga tempat makan baru dengan suasana baru. Tapi lebih baik tempat outdoor. Apalagi jalan kaki, manjur banget untuk mencari inspirasi.
18. Count your Blessing : Bersyukurlah. Hitung nikmat yang Tuhan berikan, meskipun kita tidak mampu karena saking banyaknya. Bersyukurlah, betapa kita beruntung. Membuat kita berpikir untuk tetap maju dengan syukur yang berlipat lipat.
19. Get lost of rest: Jangan terlalu banyak berleha leha. Berfikirlah kreatif dengan mengamati sekitar.
20. Take risk : Ambil resiko membuat kita belaja untuk lebih tangguh. Mencoba bagaimana strategi yang baik. Resiko pasti ada, hanya pinter pinter kita meminalisir resiko yang jelek.
21. Break the rule : Patahkan aturan yang ada. Keluar mainstream. Menjadi berbeda dengan cara yang lebih baik.
22. Don’t force it : Jangan terlalu tertekan dengan beberapa hal. Santai, dan nikmati saja.
23. Read a page of the dictionary : Baca satu kata dikamus. Belajar untuk berfikir tentang kata itu. Latihan yang baik
24. Crate a frame work : Buatlah pola kerja yang akan dilakukan. Membuat kita lebih terarah. Semisal denga mind map.
25. Stop trying to be someone els’s perfect : Berhentilah mencoba menjadi manusia yang sempurna. Karena itu tak kan pernah bisa. Belajarlah dari orang lain disekitar kita
26. Got an idea? write it down : Ketika telah mendapatkan ide, segeralah tulis secara rinci. Seluruh konsep yang hadir dalam pikiran perlu dituangkan secara tulisan.
27. Clean your workspace: Bersihkan ruang kerja. Entah ruangan atau perangkat. Cari suasana baru.
28. Have fun : Berbahagialah, bersenang senang dengan pikiran kratif kita, nikmati sebagai sebuah ide cemerlang yang akan bermanfaat. Buat dirimu ringan dan bebas, tak ada beban, tak ada dendam dan resah. Have fun
29. Finish something : Selesaikan beberapa hal yang memang harus kamu selesaikan. Jangan suka menunda nunda dan menumpuk semua tugas. Membuat otak jadi mampet. Selsaikan segera.

Let’s be crative, Let’s be different, Let’s be helpful.
Bismillah  🙂

One thought on “29 ways to stay creative

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s