Gallery

sedikit tentang prinsip

shine

Prinsip, apa sih prinsip? setauku semacam suatu hal yang secara sadar ataupun tidak sadar terbentuk didalam pola pikir, perilaku, dan cara kita hidup. Prinsip itu abstrak. Tak bisa dijelaskan. Prinsip terlihat saat ada sebuah subtrat yang membuatnya bereaksi. Prinsip diuji dari sebuah aksi reaksi. Seperti halnya kisah enzim. Prinsiplah  yang akan menentukan produk seperti apa pada akhirnya.

Sejujurnya, aku tidak terlalu suka bicara tentang prinsip pada orang lain. Prinsip itu hanya ada didalam diri kita. Urusan kita terhadap yang Maha Kuasa. Tapi akhir akhir ini, aku belajar lagi tentang sebuah prinsip dari cerita hidup orang lain. Aku bisa lebih mengerti prinsip yang harus dipegang teguh. Yang tumbuh dan berkembang dari sebuah sikap. Aku bergetar mendengar cerita yang lugas dan teguh. Seorang penganut katolik taat yang mencintai seorang kristen taat. Berbeda. Perempuan itu lebih mencintai Tuhannya daripada cintanya. Perasaannya yang berkecamuk karena konflik antara diri sendiri, perasaan, cinta, laki laki, iman, dan prinsip. Dia perempuan tegar yang membuatku berdecak kagum. Aku tau rasanya teramat sakit ketika semua akan selesai karena prinsipnya sendiri.  Memang tak ada luka yang tergores. Tapi semua terasa amat sakit. Menurutku tak masalah. Menderita sebentar untuk sebuah masa depan yang lebih tenang. Alangkah baiknya saat manusia hidup dengan prinsip. Membatasi polah kita untuk beberapa hal yang tidak diinginkan dimasa depan. Prinsip itu filter. Selagi prinsip itu baik. Prinsip yang didasari kehambaan, kepadaNya.  Membuat kita lebih terjaga. lebih tau siapa diri kita sebenarnya.  Tak ada yang patut disalahkan dalam sebuah drama seperti ini. Tak ada siapapun yang bisa jadi tersangka atas sebuah rasa sakit yang didera masing masing. Sakit itu ada karena perasaan cintanya teramat dalam. Semaki cinta semakin sakit. Maka cintailah secara perlahan dan berilah ruang untuk rasa sakit saat kita mencintai. Cara mencintai yang perlu dibenahi.

Berjuanglah untuk teguh dalam sebuah prinsip. Jodoh tak kan pernah tertukar. Dan Tuhan menghendaki kebaikan. Prinsip itu dihati. Melekat erat didalam diri. Akan terlihat saat harus bereaksi dengan hal hal yang fundamental. Jangan berharap orang lain akan mengikuti prinsip kita, saat kita sendiri tidak bisa mengikuti prinsip kita sendiri. Jangan harap orang lain mengerti dengan baik prinsip kita, karena prinsip tertanam dari berbagai pengalaman hidup yang orang disekeliling kita sangat dinamis. Berubah. Sedangkan prinsip masih bertahan. Prinsip itu urusan kita dengan Tuhan.

Apapun agamanya, siapapun orangnya, apapun bangsanya, bagaimanapun kondisinya, prinsip itu penting ditanam didalam diri kita masing masing. Tak ada yang salah saat kita dibatasi oleh prinsip yang baik. Karena manusia adalah makhluk “liar” yang memang perlu aturan.

Lets learn more from around

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s